nusabali

Kodim Gelar Binmas Tanggap Bencana

  • www.nusabali.com-kodim-gelar-binmas-tanggap-bencana

GIANYAR, NusaBali - Kodim 1616/Gianyar bersama BPBD Gianyar menyelenggarakan pembinaan masyarakat tanggap bencana dengan tema ‘Bersama TNI Tanggap Bencana’ di Mako Yonzipur 18/YKR, Selasa (10/9).

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Cpn I Gede Winarsa SH MHan mengatakan, penyebab terjadinya bencana di antaranya kemiskinan, pertumbuhan penduduk, urbanisasi yang cepat, proses alam, degradasi lingkungan, perang atau kerusuhan masyarakat. Letkol Winarsa mengajak senantiasa menjaga kehidupan masyarakat sosial yang harmonis, memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan, dan kelestarian lingkungan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, drh I Gusti Ngurah Dibya Prasesta, menambahkan pentingnya Tim Reaksi Cepat (TRC) multi sektoral dan konsep komunikasi dalam penanganan darurat bencana. Gangguan tersebut bisa disebabkan bencana alam ataupun buatan manusia. 

Kerja sama TRC, TNI, Polri, dan gabungan masyarakat mempercepat penyelamatan dan evakuasi, pemenuhan kebutuhan dasar, dan melaporkan situasi kedaruratan. Bidang kesehatan akan dibantu tenaga medis. Dengan adanya aplikasi SINCAN (Siaga Bencana) dan KAMCANA, warga dapat melaporkan kejadian bencana dan akan ditanggapi di Pusdalops BPBD Kabupaten Gianyar. 7 nvi

Komentar