nusabali

Ngurah Ambara Pamitan dari DPD RI, Sentil soal Otonomi Fiskal Bali

  • www.nusabali.com-ngurah-ambara-pamitan-dari-dpd-ri-sentil-soal-otonomi-fiskal-bali

MANGUPURA, NusaBali.com - Gede Ngurah Ambara Putra, anggota Komite 1 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024, menyampaikan salam perpisahan. Pamitan yang digelar di Hotel Fairfield Marriott, Kuta, Selasa (10/9/2024), turut dihadiri unsur pimpinan DPD RI, Ketua dan Wakil Ketua DPD RI, serta sejumlah tokoh yang bersiap maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dalam kesempatan tersebut, para anggota DPD RI yang akan maju di Pilkada menyampaikan kesan, pesan, serta harapannya. 

Ngurah Ambara Putra, yang kini mengemban tugas baru sebagai Calon Walikota Denpasar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di sela-sela pidato perpisahannya, menyoroti pentingnya otonomi fiskal bagi daerah, terutama Bali, yang selama ini menggantungkan perekonomiannya pada sektor pariwisata dan budaya.

“Bali tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun kita memiliki warisan budaya yang unik. Keunikan ini menjadi fondasi dari sektor pariwisata kita, yang menggerakkan sekitar 70% perekonomian Bali. Pada tahun 2023, Produk Domestik Bruto (PDB) Bali mencapai 275 triliun rupiah, sebagian besar berkat pariwisata,” ujar Ambara.

Ia melanjutkan dengan mengungkapkan visinya tentang otonomi fiskal—sebuah impian di mana Bali dan daerah lain di Indonesia bisa lebih mandiri dalam mengelola keuangan mereka. "Dengan otonomi fiskal, kita bisa memperjuangkan dana bagi hasil yang lebih adil, demi pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan yang terpenting, pelestarian budaya. Selama ini, masyarakat Bali sudah berjuang dengan tangan mereka sendiri untuk menjaga warisan budaya kita. Namun, dukungan dana yang lebih besar sangat dibutuhkan agar budaya kita bisa terus hidup dan berkembang," tegasnya.

Ambara pun menekankan bahwa pelestarian budaya Bali bukan hanya tanggung jawab masyarakat setempat, namun juga perlu dukungan pemerintah, terutama dalam alokasi dana untuk menjaga warisan budaya yang menjadi daya tarik utama pariwisata Bali.

Dengan berakhirnya masa tugasnya di DPD RI, Gede Ngurah Ambara Putra yang menjadi angota DPD Perwakilan Bali jalur Pengganti Antar Waktu (PAW), kini siap mengemban tantangan baru dalam Pilkada Denpasar 2024, membawa visi otonomi fiskal dan pelestarian budaya sebagai salah satu fokus utamanya. 

Komentar