nusabali

Kode Etik DPRD Badung Mulai Digodok

  • www.nusabali.com-kode-etik-dprd-badung-mulai-digodok

MANGUPURA, NusaBali - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, dalam hal ini Tim Penyusunan Rancangan Peraturan menggelar rapat membahas Kode Etik DPRD Badung, Rabu (11/9).

Dalam pembahasan tersebut, penyelarasan dilakukan terkait dengan sanksi, tata tertib, dan tata beracara.

Rapat dibuka oleh Ketua Tim Penyusunan Kode Etik DPRD Badung Putu Parwata. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Tim Penyusunan Kode Etik DPRD Badung I Made Yudana dan Sekretaris Tim Penyusunan Kode Etik DPRD Badung Made Suryananda Pramana. Kemudian anggota lainnya, Nyoman Artawa, Putu Dendy Astrawijaya, Made Rai Wirata, Made Sada, Ida Bagus Gede Manubawa, dan Nyoman Sudana.

Rapat tersebut membahas sejumlah pasal di dalam Kode Etik DPRD Badung. Penambahan yang mencolok dalam rancangan pertaturan ini, yakni anggota DPRD Badung diminta untuk menjalankan tugas sesuai dengan pengucapan sumpah janji saat pelantikan. Wakil Ketua Tim Penyusunan Kode Etik DPRD Badung I Made Yudana mengatakan, Kode Etik DPRD Badung sejatinya tidak jauh berberda dengan sebelumnya. Namun pembahasan ini diakuinya ada beberapa pergeseran dan penyelarasan.

“Tidak jauh berbeda dengan kode etik sebelumnya. Mungkin ada beberapa penyelarasan sesuai dengan situasi dan UU saat ini,” ujar Yudana didampingi Made Suryananda Pramana.

Dalam pembahasan tersebut, penyelarasan dilakukan terkait dengan sanksi, tata tertib, dan tata beracara. Kemudian ada juga pergeseran bab, yang diikuti dengan pasal-pasal di dalamnya. “Ada juga penambahan, ketika melaksanakan tugas Anggota DPRD Badung sesuai dengan pengucapan sumpah janji saat pelantikan,” tegasnya.

Yudana menyebutkan, pembahasan Kode Ktik DPRD Badung telah diselesaikan. Tinggal nantinya dilakukan pembahasan kembali oleh Bapemperda DPRD Badung. Terkait target rampungnya penyusunan ini, lanjut Yudana, akan diselesaikan secepatnya, sehingga nantinya dapat segera ditetapkan. “Nantinya draftnya akan diserahkan kembali ke kami. Kalau sudah sesuai dengan pembahasan tadi, berarti sudah selesai dalam penyusunan Kode Etik DPRD Badung ini,” katanya. @ ind

Komentar