nusabali

Puas Performa Timnas, STY Pikirkan Bahrain dan China

Martin Paes Terbaik, Eliano dan Mees Dikebut untuk Laga Oktober

  • www.nusabali.com-puas-performa-timnas-sty-pikirkan-bahrain-dan-china

JAKARTA, NusaBali - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengaku puas dengan penampilan tim nasional Indonesia saat menghadapi Arab Saudi dan Australia di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Usai dua laga tersebut, kini STY mulai memikirkan laga berikutnya, lawan Bahrain dan China.

"Secara permainan kami sudah bagus. Saya puas dengan apa yang dilakukan pemain," ujar Shin usai laga versus Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9).

Juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan, para pemainnya sudah mengeksekusi semua strategi dengan baik. Selain itu, Jay Idzes dan kawan-kawan dinilainya bekerja sangat keras untuk pertandingan. Fisik dan mental pun terasah. 

"Kami sudah melakukan semua apa yang bisa kami lakukan," tutur STY. Hasilnya, timnas Indonesia (peringkat 133 FIFA) menahan imbang 1-1 Arab Saudi (peringkat 56 FIFA) di kandangnya, Kamis (5/9). Lalu Timnas bermain seri tanpa gol saat menjamu Australia (peringkat 24 FIFA) di Jakarta, Selasa (10/9) malam.

Meraih dua poin dari dua laga awal di Grup C, STY menegaskan timnas Indonesia kini fokus menatap laga berikutnya pada Oktober 2024. Yakni, menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober.

STY memastikan timnas akan menerapkan strategi demi kembali mendapatkan poin dari dua laga tersebut. Menurutnya, taktik dan strategi akan rancang di pemusatan latihan berikutnya. 

“Taktik dan strategi bisa saja lebih bervariasi dengan catatan semua pemain dalam kondisi baik dan solid," kata STY. Lebih jauh STY juga memuji kiper Maarten Paes yang dinilainya menunjukkan performa sangat baik dalam dua laga kontra Arab Saudi dan Australia.  STY yakin performa Paes masih akan terus meningkat).

Penampilan Maarten Paes bersama timnas  Indonesia mendapatkan banyak sorotan karena kemampuannya menahan tembakan lawan dan membantu Indonesia membawa pulang poin dari laga sulit lawan Arab Saudi dan Australia.

Di kedua laga tersebut, Maarten Paes pun dinobatkan jadi pemain terbaik. Namun STY menilai ada aspek yang perlu ditingkatkan dari Paes yaitu kekompakan dengan rekan-rekannya agar komunikasi dan ikatan batin lebih erat. STY menilai hal tersebut dapat terus diasah seiring kian seringnya pertemuan para anggota tim.

Sementara itu, Ketum PSSI Erick Thohir akan membawa dua pemain baru Eliano Rejinders dan Mees Hilgers dalam tim nasional untuk laga selanjutnya, yakni lawan Bahrain dan China. Menurut Erick, kehadiran Eliano dan Mess dapat membuat pertahanan dan serangan balik skuad Garuda menjadi lebih baik lagi.

Erick mengatakan proses naturalisasi Eliano dan Mees telah mencapai tahap akhir. Menurutnya, Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg juga, lalu Pak Presiden tanda tangan pada 11 September, sehingga tinggal proses di DPR agar tanggal 15 Oktober dapat memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri.

Satu poin dari laga kontra Australia membuat Indonesia di peringkat keempat Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indoesia mengumpulkan dua poin dari dua laga.  Indonesia di bawah peringkat pertama Jepang 6 poin, Arab Saudi 3 poin, dan Bahrain 3 poin. Australia (satu poin, dua laga) dan China (nol poin, dua laga) di urutan kelima dan keenam. *

Komentar