nusabali

Perluas Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali, Wuling dan BDF Teken MoU

  • www.nusabali.com-perluas-ekosistem-kendaraan-listrik-di-bali-wuling-dan-bdf-teken-mou

MANGUPURA, NusaBali.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Bali-Kerthi Development Fund Ventura (BDF) pada Kamis (12/9/2024). Acara ini berlangsung di Imperial Ballroom InterContinental Bali Resort, Jimbaran, dan menjadi bagian dari rangkaian Periklindo Electric Vehicle Conference (PEVC) 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Shi Guoyong, Presiden Direktur Wuling Motors, dan I Made Gunawirawan, Direktur Utama BDF, serta disaksikan oleh Ketua Umum Periklindo Jenderal (Purn) Moeldoko, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta. Kerjasama ini merupakan langkah awal dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bali.

"Bali memiliki potensi besar dalam pertumbuhan kendaraan listrik, terutama di luar Pulau Jawa. Tren pariwisata ramah lingkungan serta minat wisatawan domestik dan mancanegara terhadap mobil listrik sebagai sarana mobilitas selama di Bali mendukung langkah ini. Kami berharap kolaborasi ini memberikan kontribusi positif bagi sektor pariwisata sekaligus mempercepat transisi ke kendaraan listrik, sejalan dengan semangat 'Drive for a Better and Green Life'," ujar Shi Guoyong.

Dalam MoU ini, Wuling dan BDF sepakat untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di zona hijau sebagai bagian dari upaya promosi pariwisata yang mendukung inisiatif ramah lingkungan. Kendaraan listrik akan menjadi pilihan utama transportasi yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memperkuat citra Bali sebagai destinasi wisata berkelanjutan.

Selain itu, kedua belah pihak berkomitmen mengembangkan infrastruktur guna memfasilitasi adopsi kendaraan listrik, dengan fokus pada lokasi-lokasi strategis yang memudahkan akses pengguna, baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Kerjasama ini juga mencakup pelatihan, pengembangan ekosistem kendaraan listrik, serta pertukaran data untuk optimalisasi penggunaan dan manajemen kendaraan listrik.

Wuling juga berupaya meningkatkan daya saing kendaraan listrik dengan menawarkan pembiayaan yang terjangkau, insentif khusus, serta dukungan perawatan. Hal ini diharapkan dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha untuk beralih ke kendaraan listrik, sekaligus memajukan pariwisata hijau di Bali.

Sebagai bentuk lain dari kerjasama ini, Wuling akan menghadirkan kendaraan listrik di berbagai acara untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kendaraan listrik. Program ini diharapkan menjadi ajang berbagi pengalaman berkendara dengan mobil listrik, serta memperluas jangkauan informasi dan kesadaran masyarakat mengenai manfaat kendaraan listrik berbasis baterai.

“Inisiatif bersama Wuling ini merupakan langkah strategis menuju masa depan Bali yang lebih hijau dan berkelanjutan. PT Bali-Kerthi Development Fund Ventura berkomitmen untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Kami yakin kerjasama ini dapat berdampak positif bagi Bali dan mempercepat adopsi mobil listrik di kalangan masyarakat, sehingga Bali semakin kokoh sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan," ungkap I Made Gunawirawan.

Komentar