nusabali

KPU Tabanan Siapkan Rekrut 5.950 KPPS

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-siapkan-rekrut-5950-kpps

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan bersiap rekrutmen KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) jelang Pilkada dan Pilgub Bali tahun 2024. Sesuai jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) KPU Tabanan akan merekrut 5.950 KPPS.

Jumlah KPPS yang diperlukan itu sesuai dengan jumlah TPS di Tabanan, 850 TPS. Hitungannya, jumlah 1 TPS diperlukan tujuh orang KPPS. Saat proses persiapan pendaftaran telah dilakukan salah satunya telah dilakukan sosialiasi. 

Komisoner KPU Tabanan Divisi Sosialisasi,  Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Ni Putu Suaryani mengatakan pengumuman pendaftaran KPPS bakal dilakukan mulai 17 September. "Persiapan pendaftaran kami mulai lakukan 17 September nanti. Kita sekarang sudah mulai woro-woro (sosialisasi)," akunya, Kamis (12/9). 

Menurutnya, jumlah KPPS yang dibutuhkan saat ini lebih sedikit dibandingkan saat Pemilu Februari 2024. Karena jumlah TPS berkurang untuk Pilkada dan Pilgub Bali tahun 2024. "Untuk keperluan KPPS kali ini lebih sedikit, agak santai dari sebelummya. Namun kami tetap lakukan sosialisasi," katanya. 

Apabila dalam rekrutmen nanti sulit untuk mencari anggota KPPS tentu sudah dilakukan antisipasi. Caranya, bekerja sama dengan kelompok kumunitas di Tabanan dengan mekanisme  penunjukan. "Kalau gak ada sama sekali yang daftar,  ya baru penunjukan. Namun kali ini kita optimis yang daftar banyak karena jumlah yang diperlukan lebih sedikit," tandas Suaryani. 

Sebelumnya, Pemilu 2024 KPU Tabanan memerlukan 10.815 KPPS sesuai dengan jumlah TPS sebanyak 1.545. Satu TPS memerlukan 7 orang petugas KPPS. Saat itu yang mendaftar pas-pasan alias sulit untuk mencari pelamar. 

Penyebab sulitnya ini karena sejumlah faktor mulai dari trauma menjadi anggota KPPS karena Pemilu 2019 yang menyebabkan banyak KPPS sakit khususnya di luar Bali. Selain itu tegas dia banyak yang tidak berminat karena pemuda terutama sudah bekerja ke pariwisata.7des

Komentar