nusabali

Bupati Sedana Arta - Giri Prasta Jalin Kerja Sama

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-giri-prasta-jalin-kerja-sama

BANGLI, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Kabupaten Badung perkuat jalinan kerja sama. Tidak hanya dalam pembangunan daerah, kerja sama dua kabupaten ini juga dilakukan di bidang pertanian khususnya distribusi pemasaran komoditas pangan.

Penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Pemerintah Kabupaten Badung tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah, berlangsung di Gedung Bukti Mukti Bhakti (BMB), Kantor Bupati Bangli, Kamis (12/9).

Penandatanganan kerja sama pembangunan daerah tersebut dilakukan langsung Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Selain itu, penandatanganan kerja sama Pemkab Bangli dan Pemkab Badung,  tentang distribusi dan pemasaran komuditas pangan serta pengembangan potensi daerah oleh PJ Sekda Badung dan PJ Sekda Bangli. Ada juga penandatanganan kerja sama antara Perumda Pasar dan Pangan Mangugiri Sedana dengan PT Bukti Mukti Bakti Perseroda oleh para Direktur.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan selama ini, Kabupaten Bangli telah  banyak dibantu oleh Kabupaten Badung. "Terutama yang sekarang adalah terkait pemasaran hasil-hasil pertanian dalam arti luas. Baik itu, perikanan dan sebagainya. 

Karena selama ini, saat panen raya kondisi petani kita malah kadang-kadang terjadi masalah. Jeruk misalnya saat panen raya, bahkan malah tidak dipanen karena harganya murah. Demikian juga tomat. Nah, dengan adanya kerjasama ini tentunya kepastian pemasaran akan lebih terkendali dan kepastian harga juga akan lebih terkendali lagi," jelasnya.

Dengan begitu diharapkan, kesejahteraan petani di Kabupaten Bangli akan lebih meningkat. "Selaku Bupati Bangli saya tidak henti-hentinya menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya. Karena banyak sekali pembangunan dalam dua tahun terakhir di kabupaten Bangli kalau kita telisik sumber dananya adalah dari BKK Kabupaten Badung," sebutnya.

Bupati Sedana Arta mencontohkan, pembangunan di Bangli yang dibantu Kabupaten Badung seperti jalan hotmik, bangunan dan bahkan yang paling fenomental adalah pembangunan Bangli Sport Senter.  "Pada akhir tahun ini mudah-mudahan bisa menyelesaikan pembangunan lapangan bola dan lintasan atletik yang 100 persen juga anggaranya dari BKK kabupaten Badung," ungkapnya.

 Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menegaskan, berbicara soal kepanganan,  pihaknya punya prinsip Bela, Beli, Wujudkan Petani Bangga menjadi Petani. "Sehingga hasil komoditas petani di Kabupaten Bangli yang lebih, maka kami siap mengambilnya. Kami akan beli. Kerjasama ini akan kami lakukan dengan baik," ujarnya.

Dengan melakukan kerja sama antara Perusahaan Daerah (Perusda) Pangan Badung dan Perusda Kabupaten Bangli. "Contoh, kalau kami di Badung dengan MoU. Kami membeli, misalnya harga gabah dan beras lebih tinggi dari harga pasar. Dengan begitu kita bisa memberikan insentif kepada petani dalam hal ini adalah produksinya. Kita juga jaga inflasi, sehingga para petani tidak lagi berpikir tentang ketidakpastian harga," sambungnya.

Ditegaskan, pada prinsipnya dalam kerja sama yang diterapkan juga untuk melawan tengkulak, spekulan atau pengepul. Dengan begitu, diharapkan petani akan lebih bangga. "Ketika kami melakukan kerjasama, misalnya buah-buahan dan sebagainya. Katakanlah jeruk. Maka jeruk kelas satu itu, kita kasi ke semua kamar hotel," ujarnya. @ 7esa

Komentar