nusabali

SMAN 2 Amlapura ke Final Lomba Poster Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-ke-final-lomba-poster-tingkat-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Regu SMAN 2 Amlapura melalui siswa I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya kelas XII/7 dan Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra kelas XII/1, melaju ke babak final Lomba Poster FK Universitas Lampung 2024. Babak final berlangsung, Sabtu (14/9).

Pada babak final nanti, kembali membuat poster yang baru dengan tema, saatnya clear trikomoniasis (penyakit seksual menular) yang disebabkan trichomonas vaginalis. "Tujuannya mengangkat tema itu, untuk mengedukasi masyarakat agar sejak dini melakukan antisipasi," jelas I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya, kepada NusaBali di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kamis (12/9).

Dia mendapatkan ide seperti itu setelah berkonsultasi dengan ayah kandungnya, yang seorang dokter, I Gusti Bagus Putra Pertama, yang juga Kadis Kesehatan Karangasem. Jika mengangkat tema HIV/AIDS sudah lumrah.

Apalagi  penderita penyakit kelamin, biasanya malu mengutarakan dan memeriksakan. Tema ini yang akan dipresentasikan nanti, dijelaskan ciri-ciri, dan cara mencegahnya.

Regu SMAN 2 Amlapura melaju ke final setelah karyanya masuk 10 besar atau peringkat ke-8 sk0r 72, bersaing dengan SMA se-Indonesia. "Ini temanya agak langka, belum banyak yang tahu. Tetapi banyak masyarakat yang menderita penyakit itu," tambah putra bungsu dari 3 bersaudara pasangan I Gusti Bagus Putra Pertama dan I Gusti Agung Istri Ariwati, ini.

Tugas I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya, mencari informasi dan materi.  Sedangkan rekannya Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra membuat desain grafis.

Penyakit kelamin, katanya, setiap hari memicu kesakitan dan menyebabkan kematian. Penderita yang awan bisa segera ambil tindakan jika mulai muncul gejala lanjut pencegahan.

Sebenarnya penyakit seksual menular (PMS) merupakan infeksi yang penularannya melalui hubungan seksual, menular lewat sperma, darah, dan cairan vagina.

Penyebabnya yakni infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi jamur, parasit, dan lain-lain, jenis-jenis penyakit kelamin, sifilis, gonore, klamidia, kutil kelamin, dan HIV. "Cara mencegahnya paling aman jangan ganti pasangan, jika berhubungan seksual pakai kondom," katanya.

Ciri-ciri penyakit ini yakni keluar cairan dari kelamin, nyeri saat berhubungan, ada luka pada kelamin, terjadi perubahan urine, keputihan pada vagina, dan lain-lain.

Sedangkan tugas Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra, hanya membuat desain. "Lomba poster ini, kombinasi antara seni dan teknologi, mesti tahu seni menggambar dan teknologi," kata Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra, yang asal Geria Tengah, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem.

Selama persiapan dibina guru I Kadek Agus Sutrisna. Sedangkan saat lomba nanti didampingi Wakasek Humas Ni Luh Sudewi.7k16

Komentar