nusabali

Asap Hilang, Damkarmat Pantau Gunungan Sampah TPA Peh

  • www.nusabali.com-asap-hilang-damkarmat-pantau-gunungan-sampah-tpa-peh

NEGARA, NusaBali - Asap yang sempat mengepul di gunungan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Rabu (11/9), tidak lagi muncul, Jumat (13/9). Meski demikian, pihak Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Damkarmat) Jembrana tetap memantau situasi dan berupaya mengantisipasi agar tidak sampai terjadi kebakaran.

Kepala Bidang Damkarmat pada Satpol PP Jembrana I Kadek Rita Budhi Atmaja saat dikonfirmasi Jumat kemarin, mengatakan jajarannya sempat kembali turun mengecek situasi pada titik yang sempat muncul asap. Hasilnya, dipastikan sudah tidak ada asap ataupun suhu panas yang terasa di titik penggalian sampah tersebut. "Sudah tidak ada lagi asap. Namun tetap kita pantau," ujarnya.

Rita menjelaskan, pemantauan dilakukan hingga dua hari ke depan atau hingga Minggu (15/9). Meski tidak langsung menempatkan personel serta mobil Damkar di TPA Peh, jajarannya tetap melakukan patroli untuk memastikan situasi di lapangan. "Kami juga komunikasi dengan UPT (Unit Pelaksana Teknis TPA Peh). Kita juga on call 24 jam," ucapnya.

Dia khawatir jika kembali terjadi hujan gerimis, mala bisa kembali memicu naiknya gas metana di gunungan sampah tersebut. "Kalau hujan lebat sih tidak masalah. Tapi kalau kena hujan gerimis, air pasti menggenang di atas. Air di permukaan itu bisa menjadi cermin dari suhu panas di bawah sehingga naik dan bisa memicu kebakaran," ujarnya.

Secara umum, Rita menyatakan bahwa saat musim kemarau seperti sekarang ini sangat beresiko memicu kebakaran sampah di TPA. Namun dirinya menegaskan tetap berupaya mengantisipasi sedini mungkin agar tidak sampai terjadi kebakaran TPA seperti di beberapa daerah lain.7ode

Komentar