nusabali

3 Hari, Transaksi Pameran UMKM Jembrana Rp 128 Juta

  • www.nusabali.com-3-hari-transaksi-pameran-umkm-jembrana-rp-128-juta

NEGARA, NusaBali - Gelaran pameran UMKM dalam rangkaian HUT ke-129 Kota Negara, Jembrana, ramai dikunjungi masyarakat. Setiap harinya, pameran yang baru pertama kali diadakan di halaman Pasar Umum Negara (PUN), Jembrana, ini selalu dipadati pengunjung, terutama saat malam hari.

Pemeran tahun ini digelar selama 5 hari mulai Selasa (10/9) hingga Sabtu (14/9). Total 106 peserta, baik dari pengerajin, kuliner serta berbagai instansi membuka stand di pameran ini. Gelaran pameran di PUN ini sekaligus menandai soft launching pasar terbesar di Jembrana ini.

Berdasarkan data Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Jembrana hingga pelaksanaan hari ketiga atau hingga Kamis (12/9), total transaksi atau omzet yang dikumpulkan seluruh pedagang tecatat mencapai Rp 128 juta. "Yang hari ini (kemarin, red) kita akan data besok (hari ini, red). Yang Rp 128 juta itu baru 3 hari" ujar Kepala Dinas KUKMP Jembrana I Komang Agus Adinata saat dikonfirmasi, Jumat kemarin.

Selain pameran UMKM, kegiatan yang dirangkaikan dengan soft opening 'PUN Bahagia' ini juga diisi hiburan musik dari artis-artis ternama Bali seperti Budiarsa, Made Gimbal, KIS Band dan Semaya Koplo. Agus Adinata pun memperkirkan bahwa pengunjung di pameran akan tetap membludak sampai hari terakhir. "Perkiraan kita besok malam paling ramai," ucap Agus Adinata.

Gelaran pameran ini pun mendapatkan sambutan hangat dari pelaku UMKM. Salah satunya Rizky, pengusaha muda yang memroduksi berbagai produk olahan cokelat khas Jembrana. Menurutnya, pameran kali ini terasa berbeda karena sangat ramai dikunjungi masyarakat.

Apalagi ini pertama kalinya diadakan di PUN yang kini tampil megah seperti sebuah mall. "Pameran HUT Kota Negara kali ini sangat luar biasa. Karena antusias masyarakat untuk datang ke sini sangat ramai," ujar Rizky.

Rizky berharap Pemkab Jembrana secara berkesinambungan bisa menggelar kegiatan serupa. Khususnya untuk mempromosikan produk-produk pengusaha kecil sehingga lebih dikenal masyarakat. "Harapan saya pameran seperti ini akan terus dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan UMKM lokal khas Jembrana," ucapnya.7ode

Komentar