nusabali

Diseruduk Truk, Pohon Mahoni di Yehmalet Tumbang

  • www.nusabali.com-diseruduk-truk-pohon-mahoni-di-yehmalet-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - Pohon mahoni di Banjar Yehmalet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, tumbang, Kamis (12/9) pukul 13.30 Wita. Karena pohon ini diseruduk truk S 7652 UN dikemudikan Priyantono asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana yang melaporkan kejadian itu ke Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem. Lanjut, lima petugas mendatangi lokasi kejadian. Petugas membawa 2 chainsaw, dipimpin Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Nyoman Soko Wijaya untuk penanganan.

Arus lalulintas di Banjar Yehmalet yang menghubungkan Amlapura-Denpasar, cukup padat. Namun, penanganan pohon ini tidak sampai menimbulkan kemacetan. Arus kendaraan telah diatur petugas Polsek Manggis, Koramil Manggis, dan warga masyarakat. Akibat menyeruduk pohon mahoni, truk S 7652 UN itu mengalami kerusakan ringan di bagian depan. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik I Nyoman Soko Wijaya mengatakan, sopir truk mesti lebih hati-hati melintas, mesti diperhitungkan ada pohon perindang di pinggir jangan, jangan sampai bagian badan truk menyenggol batang pohon.

“Kasus ini sering terjadi,” jelasnya. Syukurnya,  kata dia, tidak ada pengendara yang kena dampak. “Mestinya sopir truk memperhitungkan, badan truk cukup tinggi, agar tidak melintas lebih ke pinggir,” tambahnya.

Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana bersyukur karena tidak ada pengendara kena dampak. “Padahal truk itu melintas sendirian, bisa menyenggol batang pohon, disebabkan truk itu melintas terlalu ke pinggir,” kata I Putu Eka Putra Tirtana.

Truk tersebut, katanya, melintas dari jalur Amlapura ke arah Denpasar, di dekat SPBU, atau Kantor Kijang PJR (Patroli Jalan Raya) Induk IV Yehmalet. Sebab, di jalur itu banyak tumbuh pohon perindang, terutama akasia dan mahoni.7k16

Komentar