nusabali

Penanggulangan Kanker Vakum Sejak Tahun 2020

  • www.nusabali.com-penanggulangan-kanker-vakum-sejak-tahun-2020

AMLAPURA, NusaBali - Kegiatan PKTP (Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna) ternyata vakum sejak tahun 2020. Sebelumnya, kegiatan ini semarak ditandai dengan menggelar seleksi beberapa nomor lomba di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Lomba tersebut elibatkan siswa SD, SMP dan SMA. Lomba sebagai ajang edukasi, kreativitas siswa  dan adu ide dan gagasan. Terakhir PKTP dilaksanakan tahun 2019. 

Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra membenarkan hal itu, kepada NusaBali di Amlapura, Jumat (13/9). Tetapi kali ini, telah ada acara penggantinya berupa skrining IVA (inspeksi visual asam asetat) atau deteksi kanker serviks dan kanker payudara.

Inspeksi IVA, katanya, merupakan deteksi kanker serviks  dengan melihat adnormalitas setelah mengoleskan larutan asam asetat, nantinya hasil pemeriksaan dalam lab akan memperlihatkan dan menandai sel pra kanker. Hanya saja pemeriksaan itu untuk usia 35-40 tahun.

Selain itu, melakukan deteksi kanker payudara, atau tumor payudara, karena terjadi pertumbuhan abnormal di dalam payudara, ditandai adanya benjolan. “Kegiatan itu telah disosialisasikan ke sekolah, Posyandu dilanjutkan melakukan skrining secara langsung,” jelas Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama.

Berbeda dengan PKTP yang dilaksanakan selama ini yang menyasar siswa SD, SMP dan SMA. Kegiatan ini diselenggarakan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Karangasem. Lombanya ada nomor poster yang temanya penanggulangan kanker, paduan suara, edukasi soal kanker, lomba penyuluh kanker, dan baca puisi. Kesemuanya bersifat mengedukasi kepada siswa, termasuk tata cara mengonsumsi makanan agar tidak mengonsumsi makanan ringan kemasan  yang mengandung pengawet. Sebab  makanan ringan yang mengandung pengawet awal pemicu tubuhnya kanker dalam tubuh.

Dari Sekretariat PKK Karangasem mendapatkan informasi sehubungan tidak ada lagi anggaran untuk kegiatan PKTP. Dengan itu tidak lagi ada kegiatan. Terakhir kegiatan lomba-lomba tahun 2019, selanjutnya terjadi Covid-19, kemudian Covid-19 berakhir, namun kegiatan tetap saja tidak berlanjut. “Pos anggarannya ada di Dinas Kesehatan,” katanya.

Selama ini kegiatan PKTP, di bawah koordinasi Ketua YKI Cabang Karangasem Nyonya Sarini Artha Dipa. “Sejak Covid-19, memang tidak dilaksanakan lagi, PKTP itu,” jelas Nyonya Sarini Artha Dipa.

Bukan saja di Karangasem, di tingkat Provinsi Bali juga tidak ada kegiatan PKTP. Selama ini, katanya, dilaksanakan lomba PKTP Tingkat Kabupaten Karangasem, berlanjut para juara berlomba di tingkat Provinsi Bali.

Terakhir tahun 2019, SDN 3 Bungaya, Kecamatan Bebandem dan SMPN 3 Bebandem yang mewakili Karangasem di Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali. Keduanya berhak ke Provinsi Bali awal 2020. Hanya saja tidak ada kelanjutannya lomba di tingkat Provinsi Bali.7k16

Komentar