nusabali

Onana-De Ligt Tepis Keraguan, Manchester United Hajar Southampton

  • www.nusabali.com-onana-de-ligt-tepis-keraguan-manchester-united-hajar-southampton

LONDON, NusaBali - Manchester United (MU) mengalahkan tuan rumah Southampton 3-0, pada pekan keempat Premier League 2024/2025, di St Mary's Stadium, Sabtu (14/9) malam WITA. Dalam laga itu, duo eks Ajax Amsterdam kiper Andre Onana dan bek Matthijs De Ligt menepis keraguan, setelah diremehkan legenda hidup MU, Paul Scholes.

Ya, MU unggul dua gol di babak pertama melalui De Ligt dan Marcus Rashford. Setan Merah kemudian menambah satu gol lagi di babak kedua lewat aksi Alejandro Garnacho. Berkat sukses itu, MU di posisi ketujuh klasemen dengan enam poin dan Southampton di posisi 19 tanpa poin.

Dalam laga itu, sejatinya Southampton memiliki peluang pada menit ke-7. Namun tendangan Tyler Dibling digagalkan kiper Andre Onana. Di menit ke-15, MU mendapatkan kesempatan. Namun upaya Joshua Zirkzee dan Noussair Mazraoui belum berbuah gol.

Southampton mendapat penalti di menit ke-30 usai Diogo Dalot menjatuhkan Dibling di kotak terlarang. Namun, Onana berhasil menepis tendangan Cameron Archer dari titik putih.

Empat menit berselang, De Ligt berhasil memecah kebuntuan, dengan membuat skor berubah 0-1 lewat sundulan usai memanfaatkan umpan Bruno Fernandes. Torehan itu sekaligus gol perdana De Ligt bersama MU.  Pada menit ke-41, MU menjauh melalui Marcus Rashford. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kedua tim berusaha mencetak gol. Namun, tidak banyak peluang berbahaya yang tercipta. Southampton bermain dengan 10 pemain pada menit ke-70. Jack Stephens mendapat kartu merah setelah tekel keras kepada Alejandro Garnacho.

Namun unggul jumlah pemain, MU baru mampu menambah gol pada injury time. Garnacho mencetak gol usai menyambar umpan Diogo Dalot. Skor 3-0 jadi hasil akhir laga ini. MU pun membawa pulang tiga poin dari markas Southampton.

Kemenangan MU tak lepas dari sikap legenda MU Paul Scholes, yang  sebelumnya mempertanyakan perekrutan Onana dan De Ligt. Scholes menganggap kedua pemain itu tidak membantu MU memainkan bola dari belakang.

MU merekrut Onana dari Inter Milan musim lalu. Namun kiper asal Kamerun itu kesulitan bersinar dan mendapat banyak kritik setelah datang ke Old Trafford. Musim lalu, Onana kemasukan 58 gol dan mencatatkan 9 clean sheet dari 38 laga Premier League. Musim ini, Onana kebobolan lima gol dari tiga laga di liga.

MU kemudian merekrut De Ligt dari Bayern Munchen pada musim panas ini. Bek asal Belanda itu baru menjadi starter satu kali saat dikalahkan Liverpool 0-3 di Old Trafford.

Scholes pun mempertanyakan kemampuan Onana dan De Ligt. Scholes menilai kedua pemain itu tidak bisa membantu MU untuk memainkan bola dari belakang.

"Saya pikir Ten Hag sebenarnya ingin melakukannya sedikit dengan mendatangkan 'penjaga gawang dan De Ligt, tetapi mereka masih belum cukup bagus dalam melakukannya dan mereka akhirnya tetap menendangnya,"kata Scholes. *

Komentar