nusabali

Kemenag Gianyar Tingkatkan Kompetensi Penceramah Agama

  • www.nusabali.com-kemenag-gianyar-tingkatkan-kompetensi-penceramah-agama

GIANYAR, NusaBali - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gianyar melalui Seksi Urusan Agama Hindu melaksanakan peningkatan kompetensi penceramah keagamaan yang moderat. Kegiatan digelar di aula Puri Saron, Gianyar, Sabtu (14/9).

Penyuluh yang diberikan peningkatan kompetensi sebanyak 60 orang. Terdiri dari Penyuluh PNS, PPPK, dan non PNS. “Peningkatan kompetensi menjadi perhatian kami di Kantor Kementerian Agama karena satu-satunya institusi yang berkaitan dengan agama,” jelas Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba.

Peningkatan kompetensi penceramah agar bisa menjawab pertanyaan masyarakat. “Penyuluh agama harus mendidik, teori dengan pelaksanaannya harus sinkron,” tegas Ida Bagus Oka didampingi Kasi Urusan Agama Hindu Ida Bagus Rai Supada. Pendidikan agama tidak hanya didapatkan pada pendidikan formal saja. Pelatihan kompetensi penceramah keagamaan yang moderat adalah program yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman penceramah dalam menyampaikan pesan agama dengan cara yang inklusif, toleran, dan sesuai prinsip moderasi. 

Penyuluh agama harus menyadari keberagaman masyarakat dan memahami latar belakang kultural serta sosial dari audiens. Menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Mengedepankan nilai-nilai kesantunan dan hormat dalam setiap pernyataan. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar menghadirkan dua narasumber yakni mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra dan mantan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Ida Bagus Yudha Triguna. 7 nvi

Komentar