nusabali

Saat Bali International Airshow 2024, Puluhan Anggota BSG Disiagakan

  • www.nusabali.com-saat-bali-international-airshow-2024-puluhan-anggota-bsg-disiagakan

Mereka kini tengah mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan tim dalam operasi pencarian dan pertolongan.

MANGUPURA, NusaBali
Puluhan anggota Basarnas Spesial Group (BSG) berkumpul di Bali selama empat hari sejak Minggu (15/9) untuk mengikuti kegiatan latihan bersama yang bertajuk Refresh Heli. Sebanyak 23 peserta yang merupakan anggota BSG dan rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Surabaya, serta Mataram, terlibat dalam kegiatan ini. Mereka dijadwalkan akan mengikuti serangkaian pelatihan intensif yang berlangsung selama empat hari hingga Rabu (18/9), di mana mereka akan mempelajari teknik-teknik terbaru dalam heli rescue.

Direktur Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Basarnas untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan tim dalam operasi pencarian dan pertolongan. “Ilmu yang nantinya diperoleh selama kegiatan resfresh ini berlangsung diharapkan bisa ditularkan kepada rekan-rekan rescuer lainnya di daerah masing-masing,” ujar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso pada keterangan pers yang diterima Minggu (15/9) sore.

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso, lebih lanjut mengatakan hari pertama kegiatan dimulai dengan sesi materi di ruang serbaguna, Gedung Werkudara, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Sesi itu, kata dia, difokuskan pada teori dan strategi heli rescue, diikuti dengan praktek rapeling di tower. Sementara, untuk hari berikutnya, peserta akan melaksanakan praktek lapangan menggunakan heli Basarnas, dengan teknik yang meliputi free jump dan rapeling. “Nantinya lokasi praktik tersebut akan berlangsung di Hanggar Heli Basarnas di Kelan dan Pantai Muaya,” tambahnya.

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso menambahkan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Bali Internasional Air Show 2024 yang akan belangsung pada 18-21 September 2024. Dia membeberkan jika anggota BSG akan berperan dalam pengamanan Siaga SAR Khusus. Selain itu, pihaknya juga akan menyiagakan dua unit heli, Dauphin HR 3603 dan Dauphin HR 360.

“Kami menyiapkan itu untuk mendukung kegiatan internasional dan memastikan kesiapsiagaan tim selama acara,” katanya.

Sementara, pada hari kedua Senin (16/9), sebanyak 36 personel diterjunkan dari Heli Dauphin HR 3603 dengan ketinggian kira-kira 10 ft, selanjutnya mereka berenang menuju bibir pantai. Keseluruhannya terbagi dalam 5 sorti, di mana masing-masing sekitar 5 orang rescuer dan seorang jumping master.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongam Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, mengatakan bahwa latihan ini merupakan serangkaian tahap penyiapan personil dalam gelaran Bali International Air Show 2024. “Basarnas yang terlibat dalam standby sudah kita latihkan di H-2, dari kemarin sudah di drill kering,” ungkapnya.

Pada Siaga SAR Khusus kali ini Basarnas melibatkan total 100 personel yang disiagakan. Bahkan juga melibatkan tim Medis dari Rumah Sakit (RS) Nusa Medika, yang menggerakkan 1 unit ambulans, dokter serta tenaga perawat. Kegiatan refresh ini, kata dia, juga masih akan dilanjutkan Selasa (17/9) dengan materi latihan kering heli rapeling bertempat di Basarnas, Kelan, Kecamatan Kuta, Badung. “Pada hari kedua, kami juga menggunakan 2 heli, alut dari Surabaya dan ATS Bogor,” imbuhnya. 7 ol3

Komentar