nusabali

Lagi, SMAN 2 Amlapura Juara Poster Nasional

  • www.nusabali.com-lagi-sman-2-amlapura-juara-poster-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Regu SMAN 2 Amlapura melalui siswa I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya kelas XII/7 dan Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra kelas XII/1, kembali dinobatkan sebagai juara. Mereka memenangkan Lomba Poster FK Universitas Lampung 2024, dengan skor 88, berlangsung, Sabtu (14/9).

Di babak final lomba ini diikut 10 finalis. Pasangan siswa ini satu-satunya peserta yang lolos dari Bali. Sebelumnya di tempat yang sama juga juara Lomba Poster, Solvent (student boost of chemical engineering event) dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Kimia Universitas Lampung, 25 Agustus lalu. “Belum genap sebulan, kami meraih juara di tempat yang sama. Tentu saja kami bangga punya anak didik yang memiliki talenta,” jelas Wakasek Humas SMAN 2 Amlapura Ni Luh Sudewi yang mendampingi kedua siswa itu saat berlomba kepada NusaBali di Amlapura, Senin (16/9).

Kata dia, setidaknya siswa sekolah ini telah berpengalaman sebagai juara di tempat yang sama. Karena itu pula siswa ini mampu tampil optimal di puncak lomba dengan mempresentasikan hasil karyanya. Kata Sudewi, bakat istimewa yang dimiliki kedua siswa itu katanya, semakin berkembang setelah dibina dan diarahkan dengan cara yang benar. Syukurnya, telah ada regenerasinya, sehingga di lomba-lomba di tahun-tahun berikutnya, tetap bisa berharap melanjutkan prestasi itu. Terlebih lagi, adik-adik kelasnya dapat bimbingan langsung dari sang juara, sehingga pengalaman berlomba diketut tularkan.

Pasangan I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya dan Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra, keduanya memiliki bakat berbeda dan saling melengkapi. I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya yang mencari ide dan materi. Sedangkan Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra mendesain agar karyanya tampil memikat. Poster yang dibawakan dalam lomba dan dipresentasikan bertema clear trikomoniasis (penyakit seksual menular) yang disebabkan trichomonas vaginalis. 

Tujuannya, untuk mengedukasi masyarakat agar sejak dini melakukan antisipasi terjadinya penyakit seksual menular. Sebab penyakit kelamin dinilai sensitif, penderita biasanya malu mengutarakan, dan memeriksakan, itulah yang dipresentasikan saat lomba, juga dijelaskan ciri-ciri, dan cara mencegah penyakit itu. “Saat di final, hanya berupaya tampil optimal sesuai materi yang dipersiapkan sejak awal,” jelas I Gusti Agung Bagus Ananda Darma Wijaya.

Dalam 10 besar sebelumnya, hanya berada di peringkat 8 skor 72, justru di final melesat meraih skor tertinggi. Setidaknya, kata dia, dengan mengikuti lomba dapat mengetahui cara mencegah penyakit seksual menular, tahu jenis-jenis penyakit itu, dan tahu penyebabnya.

“Masyarakat juga penting diberikan edukasi seperti itu,” tambah putra bungsu dari 3 bersaudara dari pasangan I Gusti Bagus Putra Pertama dan I Gusti Agung Istri Ariwati, ini.

Panitia lomba menobatkan juara II pasangan Khaira Cahya Rachmatini/Athaya Kirana dari SMA IT Ar Raihan Lampung skor 87,5, dan juara III pasangan Grishelda Atha Narinda/Adelia dari SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung, skor 81,25. k16

Komentar