nusabali

Kapolres - Dandim Bertukar Apel Jam Pimpinan

  • www.nusabali.com-kapolres-dandim-bertukar-apel-jam-pimpinan

NEGARA, NusaBali - Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto dan Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf M Adriyansyah, mengelar apel jam pimpinan sebagai wujud sinergitas TNI-Polri, Selasa (17/9). Dalam apel yang dilaksanakan secara bergantian di masing-masing institusi tersebut, Kapolres bersama Dandim bertukar apel jam pimpinan.

Apel jam pimpinan sinergitas TNI-Polri tersebut diawali di Lapangan Batalyon Yonif 741/Garuda, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara. Dalam apel itu, Kapolres AKBP Endang bertindak selaku inspektur upacara dengan didampingi sang Dandim. Sebaliknya ketika apel jam pimpinan di Lapangan Mapolres Jembrana, Dandim Letkol Inf M Adriyansyah menjadi inspektur upacara didampingi sang Kapolres. 

Saat memimpin apel di Mapolres Jembrana, Letkol Inf M Adriyansyah menyampaikan bahwa apel jam pimpinan sinergitas TNI-Polri ini adalah ide dari Kapolres bersama dirinya. Hal ini dinyatakannya sebagai bukti sinergitas TNI-Polri, seperti apa yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo saat memberikan arahan kepada seluruh satuan komando TNI-Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu. 

Dalam arahannya, Letkol Inf M Adriyansyah menyampaikan beberapa hal terkait arahan Presiden Jokowi yang juga disampaikan Kapolres AKBP Endang saat memberikan arahan kepada prajurit TNI di Jembrana. Diantaranya adalah soal sinergitas TNI-Polri yang diharapkan terus terjaga dengan baik. "Bapak Presiden kita (Jokowi) menyampaikan sinergitas kita TNI dan Polri itu adalah hal yang paling utama," ujar Letkol Inf M Adriyansyah.

Letkol Inf M Adriyansyah menyatakan, Presiden Jokowi juga berpesan agar proses Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di bulan November 2024 agar berjalan aman dan lancar. Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa diharapkan bisa memetakan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan dan bisa mencarikan solusi. Begitu juga diingatkan soal netralitas. "Kita sebagai prajurit TNI maupun dari Polri seluruhnya adalah netral dan tidak ada yang salah kata, berpihak kepada satu pihak," ucapnya. 

Lebih lanjut, Letkol Inf M Adriyansyah menyatakan bahwa dirinya maupun Kapolres sangat mengapresiasi kerjasama yang telah dilaksanakan TNI-Polri di Jembrana. Selama kurang lebih 7 bulan sebagai Dandim Jembrana, dirinya mengaku tidak pernah menemukan wilayah yang tidak solid dalam membantu masyarakat. "Saya mengharapkan kita dapat menjadi contoh bagi masyarakat kita yang ada di Jembrana. Dan kita bisa memberikan hal-hal yang positif, yang terbaik yang bisa kita bawa untuk dijadikan pedoman dan contoh bagi warga," ujarnya. 

Terakhir, Letkol Inf M Adriyansyah menyatakan bahwa jajarannya sangat siap mendukung dari pihak Kepolisian tentang hal-hal yang perlu diperbantukan sesuai dengan aturan yang berlaku. "Bagaimanapun dalam kegiatan pengayoman masyarakat yang terdepan adalah dari pihak Kepolisian. Kami Kodim 1617/Jembrana yang membantu rekan-rekan untuk saling bangun untuk menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di Jembrana," ucapnya.7ode

Komentar