nusabali

GDEA Undiksha Kembali Digelar

Libatkan Ratusan Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi

  • www.nusabali.com-gdea-undiksha-kembali-digelar

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja melalui Program Kampus Wirausaha Merdeka (WMK) kembali menyelenggarakan Ganesha Digital Entrepreneurship Academy (GDEA) di Gedung Auditorium Undiksha pada Rabu (18/9). Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan.

Rektor Undiksha, Prof Lasmawan menjelaskan bahwa Ganesha Digital Entrepreneurship Academy 2024 bertujuan memberikan peluang kepada mahasiswa, baik dari Undiksha maupun dari perguruan tinggi lainnya, untuk mengeksplorasi potensi kewirausahaan. 

“Program ini kami maksudkan untuk memberikan ruang bagi para mahasiswa. Melalui WMK, mereka dilatih untuk memiliki mindset kewirausahaan di luar kompetensi keilmuan yang mereka pelajari di program studi masing-masing,” jelasnya.

Prof Lasmawan juga menambahkan bahwa program ini sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menciptakan lulusan yang siap memanfaatkan peluang lain ketika lapangan pekerjaan sesuai bidang keilmuan belum terbuka.

Ganesha Digital Entrepreneurship Academy 2024 diharapkan dapat menjadi wadah yang mendukung mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan digital dan siap berkompetisi di dunia industri yang terus berkembang.

Program kewirausahaan mahasiswa tersebut pada tahun 2024 diikuti oleh 445 peserta, terdiri atas 395 orang dari Undiksha dan 50 dari perguruan tinggi lain. Kegiatan ini juga melibatkan 58 tenaga pengajar, 44 DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) internal dan eksternal, dan melibatkan 88 mentor dan 88 pelaku UMKM. Selain itu ada 15 tenaga ahli dan praktisi yang berasal dari dunia usaha/bisnis skala nasional dan internasional.

“Kali ini, kami berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan, terutama terkait fasilitas dan ruang belajar bagi para peserta. Beberapa catatan dari pelaksanaan tahun lalu, seperti kenyamanan ruang belajar, kini sudah kami optimalkan agar kegiatan berjalan lebih baik,” ungkap dia. 7 mzk

Komentar