nusabali

TPA Negeri Gianyar Rayakan HUT Sederhana

  • www.nusabali.com-tpa-negeri-gianyar-rayakan-hut-sederhana

GIANYAR, NusaBali - Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar genap berusia 2 tahun, Rabu (18/9). Perayaan ulang tahun secara sederhana bersama siswa, tenaga pendidik, pengasuh, dan orang tua siswa. Acara diawali dengan persembahan dari siswa, dilanjutkan tiup lilin dan potong tumpeng oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Manuaba bersama Penggagas TPA Negeri Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani beserta jajaran Disdik Gianyar.

Dewa Ngakan Manuaba mengatakan, perayaan hari ulang tahun TPA Negeri Gianyar merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk mendukung pemenuhan tumbuh kembang dan pola asuh anak sejak dini. “Generasi penerus bangsa perlu mendapatkan perhatian sepenuhnya dalam mengembangkan aspek nilai-nilai moral, agama, kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional, dan seni,” ujar Ngakan Manuaba. Usia dini adalah masa emas (golden age) di mana mulai terbentuk dasar-dasar kepribadian anak sesuai dengan usia anak. 

Pemerintah, orang tua, dan masyarakat bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan anak seperti pendidikan, pengasuhan, kesehatan, gizi, kasih sayang, dan perlindungan bagi anak. “TPA adalah salah satu bentuk satuan PAUD pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia empat tahun,” jelas Ngaka Manuaba.

Ida Ayu Ketut Surya Adnyani sebagai Penggagas Pendirian TPA Negeri Gianyar mengatakan TPA Negeri Gianyar merupakan rintisan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar bersama Bunda PAUD Kabupaten Gianyar. “Taman Penitipan Anak Negeri Gianyar merupakan salah satu gagasan kami dan menjadi satu-satunya TPA negeri yang ada di Bali. Jadi, itu yang perlu kita apresiasi,” ujar Dayu Surya sapaan akrab Ida Ayu Surya Adnyani.

Dayu Surya pernah menjabat sebagai Bunda PAUD Gianyar tahun 2019-2023. Dia mengaku bangga melihat animo dan kepercayaan masyarakat yang ingin menitipkan buah hatinya di TPA Negeri Gianyar. “Anak kita yang berusia dua sampai empat tahun sudah banyak yang antre ingin masuk, waiting listnya cukup banyak. Artinya orang tua merasa memiliki TPA ini,” ujar Dayu Surya. 7 nvi

Komentar