nusabali

Bupati Hadiri Karya Pasupati di Pura Pelawatan Barong Bang Kuta

  • www.nusabali.com-bupati-hadiri-karya-pasupati-di-pura-pelawatan-barong-bang-kuta

MANGUPURA, NusaBali - Komitmen Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membantu meringankan beban masyarakat tak hanya fokus terhadap pembangunan infrastruktur, namun juga pelestarian adat, agama, seni dan budaya.

Sebagai wujud keseriusan dan perhatian Bupati Giri Prasta hadir serta ikut ngastiti bakti kepada Sesuhunan dan Ida Betara, sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah anggaran perubahan tahun 2023 sebesar Rp 700 juta dan dana punia pribadi sebesar Rp 30 juta untuk pelaksanaan Karya Pasupati dan Pesucian di Pura Pelawatan Barong Bang Banjar Pemamoran Kuta dan Banjar Temacun Kuta, Desa Adat Kuta, Kecamatan Kuta, Selasa (17/9).

Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa bahagia karena masyarakat Banjar Pemamoran dan Banjar Temacun sudah melaksanakan karya Dewa Yadnya dengan semangat dan gotong royong. Karya dilaksanakan sebagai wujud bhakti masyarakat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Tentu dalam pelaksanaan karya yang besar ini dilaksanakan sesuai dengan suksemaning barong, yaitu dengan bebarengan atau bersatu, saya harapkan masyarakat harus gotong royong, bersatu agar semua berjalan dengan baik lancar. Melalui karya ini, semoga nantinya akan mendapatkan kerahayuan sekala dan niskala untuk masyarakat, sida sidaning don, sagilik saguluk salunglung sabayantaka, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja,” ucap Bupati Giri Prasta yang juga dalam acara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Badung I Gusti Anom Gumanti, I Nyoman Graha Wicaksana, Camat Kuta D NgurahBhayudewa, Lurah Kuta I Ketut Suwana, serta tokoh dan krama Desa Adat Kuta.

Dalam kesempatan yang sama, Prawartaka Karya I Gusti Anom Gumanti, menjelaskan bahwa Puncak Karya Pasupati akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) mendatang dan ditutup dengan pecalonarangan pada Sabtu (5/10). “Atas nama pribadi dan krama Desa Adat Kuta, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, saya merasa bangga dengan hadirnya Bapak Bupati Badung ngaturang bakti di Pura Pelawatan Barong Bang, serta dukungan dan bantuan yang diberikan sehingga karya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya. @ ol3

Komentar