nusabali

Pimpinan DPRD Badung Periode 2024-2029 Dilantik

  • www.nusabali.com-pimpinan-dprd-badung-periode-2024-2029-dilantik

MANGUPURA, NusaBali - Pimpinan DPRD Kabupaten Badung masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik, diangkat, dan diambil sumpah/janji dalam Rapat Paripurna yang bertempat di Ruang Sidang Utama Gosana DPRD Kabupaten Badung, Rabu (18/9).

Pada periode ini, ada empat Pimpinan DPRD Badung, dari sebelumnya tiga, karena jumlah kursi dewan saat ini berjumlah 45 kursi.

Peresmian, pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji Pimpinan DPRD Badung dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Denpasar I Nyoman Wiguna. Adapun empat nama Pimpinan DPRD Badung periode 2024-2029, antara lain I Gusti Anom Gumanti sebagai Ketua DPRD Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Ketut Agus Nadi Putra sebagai Wakil Ketua I, I Made Wijaya sebagai Wakil Ketua II, dan I Made Sunarta sebagai Wakil Ketua III.

Acara disaksikan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta beserta Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta. Turut hadir Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa beserta Ketua GOW Badung Nyonya Kristiani Suiasa, Pj Sekda Badung Ida Bagus Surya Suamba, Ketua Gatriwara Badung Nyonya Ayu Suwartini Parwata, Forkompinda Kabupaten Badung, para anggota DPRD Kabupaten Badung dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Badung.

Seusai resmi dilantik, Ketua DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Setelah pengucapan sumpah Pimpinan DPRD Kabupaten Badung, langkah berikutnya adalah membentuk dan menetapkan kedudukan masing-masing anggota dewan dalam alat kelengkapan DPRD.

“Setelah peresmian ini, kami akan segera menetapkan kedudukan masing-masing anggota dewan di dalam alat-alat kelengkapan DPRD sehingga pimpinan dan anggota dapat segera melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing,” ujar Anom Gumanti.

Lebih lanjut, Anom Gumanti juga menyampaikan apresiasi kepada I Putu Parwata  selaku Ketua DPRD pada periode sebelumnya. Anom Gumanti juga menekankan pentingnya meningkatkan peranan dan fungsi DPRD, baik dalam fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan, serta mendorong pemberdayaan masyarakat melalui semangat gotong royong.

“Terkait target membuat perda, kita lihat dahulu berapa yang diajukan oleh eksekutif. Tetapi kita sendiri punya target, di dewan ini produknya adalah perda inisiatif. Ya minimal dalam satu tahun bisa di atas dua perda inisiatif dari dewan,” kata politisi PDIP asal Kuta ini.

Sementara itu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta berharap dengan diresmikannya pimpinan DPRD, kinerja lembaga tersebut akan semakin baik, dinamis, dan mampu bersama-sama membangun Kabupaten Badung yang lebih sejahtera. Dengan peresmian ini, DPRD Badung telah lengkap dan siap untuk menjalankan tugas-tugasnya guna memajukan daerah.

“Saya berharap dengan peresmian pengangkatan pimpinan DPRD ini, maka kinerja DPRD Kabupaten Badung akan semakin baik, mantap, dinamis dan meningkat. Dengan telah diresmikannya pimpinan DPRD berarti kelembagaan DPRD telah lengkap dan siap untuk berikhtiar bersama membangun Badung yang lebih sejahtera,” harap Bupati Giri Prasta.

“Selain itu, diharapkan agar berbagai proses penting terutamanya terkait sejumlah regulasi yang telah masuk dalam Prolegda akan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan agenda kerja kita bersama,” imbuh bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini. @ ind

Komentar