nusabali

BI Rate Dipangkas Jadi 6 Persen

  • www.nusabali.com-bi-rate-dipangkas-jadi-6-persen

JAKARTA, NusaBali - Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan atau BI-Rate sebesar 25 bps menjadi 6 persen. Suku bunga deposit facility dan suku bunga lending facility juga turun 25 bps menjadi masing-masing 5,25 persen dan 6,75 persen.

Hal tersebut diumumkan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 17-18 September 2024 di Jakarta, Rabu.

"Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17 dan 18 September 2024 memutuskan untuk menurunkan BI-Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6 persen, suku bunga Deposit Facility juga turun 25 basis poin menjadi sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility juga turun 25 basis poin menjadi sebesar 6,75 persen," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pengumuman Hasil RDG September 2024, dikutip dari liputan6.com, Rabu (18/9).

Keputusan ini konsisten dengan tetap rendahnya perkiraan inflasi pada tahun 2024 dan 2025 yang terkendali dalam sasaran yang ditetapkan pemerintah, yaitu 2,5 +- persen. Penguatan dan stabilitas nilai tukar rupiah dan perlunya upaya untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu ditutup stagnan setelah Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDF BI) September 2024 memutuskan untuk memangkas suku bunga BI-Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6 persen.

Pada akhir perdagangan Rabu, rupiah berada pada posisi yang sama dengan penutupan perdagangan sebelumnya, yakni Rp15.335 per dolar AS.

"Pemangkasan suku bunga ini adalah yang pertama sejak Februari 2021 dan mendahului Bank Sentral Amerika yang akan menurunkan suku bunga nanti malam," kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi seperti dilansir Antara di Jakarta, Rabu.

Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas lain guna terus meningkatkan ketahanan eksternal dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. 7

Komentar