nusabali

Hilgers-Reijnders Dikebut Tampil di Bahrain dan China

  • www.nusabali.com-hilgers-reijnders-dikebut-tampil-di-bahrain-dan-china

JAKARTA, NusaBali - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat memperkuat Timnas Indonesia kontra Timnas Bahrain dan Timnas China, asalkan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum 25 September 2024. Menurut Ketua PSSI, Erick Thohir, pendaftaran pemain untuk dua partai Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024 dibuka 20-24 September 2024

Saat ini, naturalisasi Mees dan Eliano memasuki tahap akhir, tinggal tinggal menunggu Rapat Paripurna DPR RI, penerbitan Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah kewarganegaraan RI oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). 

Bahkan, Kemenkumham mempersiapkan pelantikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, mengingat keduanya kemungkinan tidak sempat datang ke Indonesia. Mereka masih sibuk dengan klub masing-masing yang berlaga di Eredivisie 2024/2025. Mees di FC Twente dan Eliano di PEC Zwolle.

Dalam waktu dekat, Mees Hilgers bersama pemain PEC Zwolle, Eliano Reijnders, akan dilantik menjadi WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda.

Menkumham Supratman Andi Agtas menjelaskan Hilgers dan Reijnders akan diambil sumpah kewarganegaraan di Belanda. Supratman akan menerbangkan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, ke Belanda untuk memfinalisasi naturalisasi Hilgers dan Eliano.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, yakin naturalisasi Mees dan Eliano akan beres dalam waktu dekat. Yunus dan Dito mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi III dan X DPR pada Selasa (17/9) untuk membahas naturalisasi Mees dan Eliano.

Sementara itu, viral foto Mees Hilgers dengan bendera Indonesia setelah membawa FC Twente menang 2-0 atas SC Heerenveen dalam pekan ketiga Eredivisie di De Grolsch Veste, Enschede, Rabu (18/9) dini hari WITA.

Dalam video yang beredar di media sosial, Mees berlari ke tribune belakang gawang De Grolsch Veste untuk meminta bendera Merah Putih yang dibawa penonton. Dia mengambil bendera Indonesia dan didokumentasikan dua fotografer di pinggir lapangan, yang fotonya beredar luas di media sosial.

Hilgers dan Eliano diproyeksikan untuk membela Indonesia melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan China pada 15 Oktober 2024 dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ya, menurut mantan pelatih Arema Gusnul Yakin, tenaga Mees dan Eliano sangat dibutuhkan Indonesia demi menambah kedalaman suad di Kualifikasi Piala Dunia 2026.  Gusnul mengatakan, saat ini keduanya rekrutan terbaik untuk menambah kedalaman Timnas Indonesia mampu bersaing di putaran ketiga ini. Khususnya menghadapi Bahrain dan China. 

Pria asal Malang ini juga tak menyalahkan Shin Tae-yong (STY) dengan banyak menumpuk pemain belakang. Alih-alih pelatih asal Korsel itu mencari striker bagus untuk menambah daya gedor Timnas Garuda yang masih lemah.

"Kita tak tahu apa yang ada di pikiran STY. Dia paling tahu kebutuhan Timnas Indonesia saat ini. Tapi analisis saya, mungkin salah atau benar. STY memang fokus di pertahanan. Karena Indonesia menghadapi tim-tim yang levelnya sangat jauh di atas," ujar Gusnul Yakin. *

Komentar