nusabali

Bali Borong Tiga Medali Emas Tarung Bebas PON XXI 2024

  • www.nusabali.com-bali-borong-tiga-medali-emas-tarung-bebas-pon-xxi-2024

BANDA ACEH, NusaBali.com – Bali menunjukkan keperkasaannya di kancah olahraga nasional dengan memborong tiga medali emas dalam cabang olahraga tarung derajat kategori tarung bebas putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Prestasi gemilang ini diraih pada partai final yang digelar Kamis (19/9/2024) di Bale Meuseuraya, Banda Aceh.

Dalam pertandingan puncak yang mempertarungkan 9 medali emas pada nomor tarung bebas putra, Bali tampil sebagai provinsi dengan raihan emas terbanyak. Dari sembilan medali emas yang diperebutkan, Bali sukses meraih tiga emas, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu kekuatan besar dalam olahraga tarung derajat di Indonesia.

Emas pertama Bali dipersembahkan oleh I Made Revalingga setelah mengalahkan Jefri Andrianus dari Kalimantan Timur dalam kelas 52,1-55kg putra. Pertarungan yang berlangsung sengit ini memperlihatkan keunggulan teknik dan mental juara Revalingga, yang akhirnya sukses membawa pulang medali emas pertama untuk Bali.

Tidak hanya Revalingga, I Gusti Ngurah Bagus juga menambah koleksi emas Bali setelah menaklukkan Munawir dari Nusa Tenggara Barat di kelas 61,1-64kg putra. Kemenangan Bagus diraih dengan penuh perjuangan, namun determinasi dan keunggulan taktiknya mampu memastikan kemenangan untuk Bali.

Puncak kejayaan Bali disempurnakan oleh kemenangan Andre Surya di kelas tarung bebas 75,1-80kg putra. Andre Surya  sukses mengalahkan atlet tangguh dari Jawa Barat, Yunus Isai, dalam pertarungan yang menegangkan dan membawa pulang medali emas ketiga untuk Bali.

Selain Bali, provinsi Jawa Timur juga menunjukkan performa impresif dengan raihan dua medali emas. Satriawan Drajat berhasil meraih emas di kelas 49,1-52kg putra setelah mengalahkan Diar Muhammad dari Jawa Barat. Emas kedua Jawa Timur diraih oleh Aryo Pandu di kelas 55,1-58kg putra, usai menaklukkan Lukman Hakim dari Kepulauan Riau.

Provinsi lain seperti Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) masing-masing membawa pulang satu medali emas. Atlet Jawa Barat, Andhika Dwiki, berhasil memenangkan emas di kelas 58,1-61kg putra setelah mengalahkan Gede Dicky dari Bali. Sementara itu, Banten diwakili oleh M Cahsanul Bayan yang menang atas Muhammad Ridwan dari Jawa Barat di kelas 64,1-67kg putra.

DKI Jakarta melalui atlet Fariduddin Ishafahani juga berhasil menyabet emas setelah mengalahkan Nikolaus Toni dari Kalimantan Timur dalam kelas 67,1-70kg putra. Satu medali emas lainnya diraih oleh atlet NTB, Dedi Iswari, yang berhasil mengalahkan Wilibrodus dari DI Yogyakarta dalam kelas 70,1-75kg putra.


Komentar