nusabali

Pj Bupati Gianyar Tandatangani Mou dengan 7 LPK

  • www.nusabali.com-pj-bupati-gianyar-tandatangani-mou-dengan-7-lpk

GIANYAR, NusaBali - Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menandatangani kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan 7 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di ruang kerjanya, Kamis (19/9). Penandatanganan MoU merupakan tindak lanjut audiensi Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar kepada Pj Bupati Gianyar serangkaian rencana pelaksanaan program kontribusi biaya pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat kurang mampu pada Tahun Ang

Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani menjelaskan, tujuan kerja sama untuk meningkatkan keterampilan bagi calon pencari kerja sehingga memiliki kemampuan khusus sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. “Dengan terciptanya sumber daya manusia yang unggul dan memiliki kompetensi tertentu sehingga dapat diterima pada dunia kerja di dalam maupun luar negeri. Harapannya dapat menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Gianyar,” ujar Dayu Surya sapaan akrab Kadisnaker Gianyar. 

Melalui LPK nantinya pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat kurang mampu dilaksanakan dengan program 1 tahun pelatihan. Dayu Surya menambahkan, program serupa telah dilaksanakan melalui kerja sama dengan pemberi CSR. Program tersebut berupa biaya kontribusi pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi program 1 tahun yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Difasilitasi salah satu LPK sebagai lembaga pelaksana pelatihan kerja.

Pj Bupati Ginyar Dewa Tagel Wirasa menyambut baik program kerja sama tersebut. Dia berharap dapat berkelanjutan sehingga benar-benar mampu mengurangi angka kemiskinan. “Dengan adanya bantuan ini, masyarakat miskin bisa mendapatkan pendidikan atau pelatihan kerja sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja dan mampu keluar dari kemiskinan,” ungkap Dewa Tagel. Dia berkomitmen menambah jumlah calon siswa yang akan dibantu. Dari 15 orang yang dicanangkan pada Tahun 2025 ditarget menjadi 50 orang sehingga semakin banyak masyarakat miskin yang terbantu. 

Dewa Tagel akan mencarikan cara untuk membantu pendanaan sehingga mereka bisa berangkat. “Kalau ada yang berminat kerja keluar, kami carikan titik temunya untuk masalah biaya keberangkatan. Bisa dengan Kurda dari Bank Gianyar sehingga mereka bisa bekerja keluar negeri dan meningkatkan perekonomian keluarga,” tegas Dewa Tagel. Direktur Bali Crystal College yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia Gianyar (DPC HILLSI) I Made Pasek Suwarbawa mengaku belakangan ini generasi muda banyak tertarik melanjutkan pendidikan di LPK. “LPK benar-benar mempersiapkan anak-anak untuk bisa bersaing di dunia kerja,” tegas Pasek Suwarbawa. 7 nvi

Komentar