nusabali

Jaya Negara Tinjau Korban Kebakaran di Kelurahan Peguyangan

Rancang Bantuan Perbaikan Rumah

  • www.nusabali.com-jaya-negara-tinjau-korban-kebakaran-di-kelurahan-peguyangan

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara meninjau lokasi musibah kebakaran di Jalan Lembu Sura, Gang Kunta Dewata, Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, Kamis (19/9).

Kedatangan Walikota Jaya Negara ini guna memastikan optimalisasi penanganan pascakebakaran, termasuk penyaluran bantua serta santunan bencana bagi pemilik rumah yang terkena musibah. 

Walikota Jaya Negara menyampaikan rasa prihatin atas musibah kebakaran ini. Dia berusaha memberikan semangat sembari berdiskusi terkait mekanisme pemberian bantuan perbaikan rumah. 

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Denpasar menyampaikan rasa prihatin atas musibah ini. Kami berharap pemilik rumah yang terkena musibah ini tabah dan semangat, dan kami sudah rancang untuk memberikan bantuan perbaikan rumah yang terdampak,” ujarnya. 

Dikatakannya, pemberian bantuan ini tidak bisa dilaksanakan secara instan. Melainkan wajib melalui mekanisme dan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk salah satunya adalah asesmen serta pernghitungan kerugian. Sehingga nantinya baru dapat ditetapkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. 

“Nanti kita bersihkan dulu, ada tim yang akan mengecek, dan kami berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. Biasanya juga akan ada CSR yang ikut membantu perlengkapan lainnya. Jadi ini kita bersama-sama sesuai dengan spirit vasudhaiva kutumbakam,” kata Walikota Jaya Negara.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana, mengatakan kebakaran rumah tinggal di Jalan Lembu Sura, Gang Kunta Dewata, Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan tersebut terjadi pada Rabu (18/9) sekitar pukul 09.11 Wita yang diduga akibat korsleting listrik. Berdasarkan laporan, seluruh personel dan armada Tim Damkar Kota Denpasar langsung meluncur ke TKP untuk melakukan pemadaman. Selain itu, Tim Damkar Kabupaten Badung juga turut andil untuk membantu proses pemadaman. 

Dalam musibah ini, lanjut Tirana, sebanyak 1 gedong, 5 kamar tidur, dan 1 dapur terbakar. Kerugian akibat kebakaran yang melanda rumah milik Ida Bagus Aryana Putra ini tercatat sekitar Rp 800.000.000. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa menyatakan Tim Verifikasi BPBD Kota Denpasar langsung turun untuk melaksanakan verifikasi. Hal ini guna mengetahui tingkat kerusakan dan besaran bantuan yang dapat diberikan. “Setelah api berhasil dipadamkan, tim teknis langsung melaksanakan asesmen/pendataan di TKP,” ujarnya. @ mis

Komentar