nusabali

191 ASN Terima SK Purnatugas

  • www.nusabali.com-191-asn-terima-sk-purnatugas

AMLAPURA, NusaBali - Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta membagikan 191 SK kepada ASN yang telah memasuki purnatugas. Para ASN inj mengakhiri tugas pada November, Desember dan per 1 Januari 2025. ASN yang purnatugas ada yang berumur 58 tahun untuk tenaga teknis, dan  umur 60 tahun untuk pejabat eselon II dan guru.

Sekda I Ketut Sedan Merta mengapresiasi, selama bertugas, turut mengisi  bagian terpenting sisi pembangunan, misalnya untuk tenaga guru bertugas membangun bidang pendidikan. “Betapa bangganya memasuki purnatugas, dijalani dengan tenang dan riang gembira tanpa ada tersangkut hukum,” jelas Sekda Sedana Merta di sela-sela membagikan SK, di Aula Sanggar Kegiatan Belajar Karangasem, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Kamis (19/9).

Sekda Sedana Merta mengingatkan, sebelum benar-benar mengakhiri masa tugasnya agar berpesan kepada juniornya, untuk melanjutkan kinerja yang baik. Banyaknya ASN yang memasuki purnatugas, diakuinya, banyak mengalami kekurangan ASN, tidak sebanding dengan jatah yang diterima dari pusat.

Hal itu diakui Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia I Komang Agus Sukasena. Sebab yang memasuki purnatugas sebanyak 191 ASN  tetapi jatah diterima tahun 2024 sebanyak 172 CPNS. Tahun 2024, menurut I Komang Agus Sukasena, yang purnatugas selama Januari-Desember sebanyak 373 ASN, tahun 2025 sebanyak 320 ASN.


Dari 191 ASN yang purnatugas kali ini, berasal dari pejabat eselon II sebanyak 3 orang, eselon III sebanyak 2 orang, tenaga kesehatan sebanyak 6 orang, tenaga teknis sebanyak 38 orang dan tenaga guru sebanyak 147 orang.

“Kebanyakan memasuki purnatugas per 31 Desember 2024, berarti masih menjalani tugas-tugasnya sekitar tiga bulan lagi, selanjutnya dipikirkan pengisi dengan pejabat pelaksana tugas, untuk eselon II dan eselon III," kata I Komang Agus Sukasena.

I Komang Agus Sukasena mengatakan, jumlah ASN yang purnatugas tidak sebanding dengan jatah diterima dari pusat, sehingga selalu mengalami krisis ASN. Walau katanya  ada tenaga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), tetapi itu diangkat yang sebelumnya berstatus tenaga kontrak.

Kadisdikpora I Wayan Sutrisna, yang purnatugas per 1 Oktober 2024, telah terima SK per 1 September. I Wayan Sutrisna membenarkan dirinya telah memasuki purnatugas. “Kalau dulu namanya MPP (masa persiapan pensiun), kali ini memasuki purnatugas, walau telah terima SK, tetapi  masih menjalankan tugas hingga 1 Oktober 2024,” jelas I Wayan Sutrisna.

Sebanyak tiga pejabat eselon IIB yang purnatugas, Asisten III I Wayan Astika, Staf Ahli Bupati Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan I Wayan Putu Laba Erawan. Ketiganya berakhir masa kerjanya, per 31 Desember 2024. Tetapi telah menerima SK secara kolektif. 7k16

Komentar