nusabali

Haaland Dikepung, Manchester City Limbung

PSG Atasi Girona, Dortmund Hajar Club Brugge

  • www.nusabali.com-haaland-dikepung-manchester-city-limbung

Mereka mengepung Haaland dengan enam pemain, tiga di belakang, tiga di depan. Itu membuat pemain mana pun, di mana pun, kesulitan.

MANCHESTER, NusaBali
Erling Haaland dikepung pemain Inter Milan, Manchester City pun limbung. Ya, meski tidak sampai kalah, ManCity terlihat limbung dan gagal menemukan solusi atas perlawanan sang tamu Inter Milan, dalam duel matchday 1 Liga Champions 2024/2025, di Etihad Stadium, Manchester Kamis (19/9) dinihari Wita. 

Laga berakhir imbang tanpa gol. Sang goal getter ManCity Erling Haaland tidak banyak menyentuh bola. Selama 90 menit di lapangan, Haaland hanya menyentuh bola 14 kali dan melepas total 3 tembakan, dengan satu tepat sasaran.

Laga seharusnya cukup seru antara dua juara, tapi yang terjadi tidak demikian. Inter bermain defensif sepanjang laga. ManCity pun kesulitan membongkar pertahanan Grendel tim tamu. Laga berakhir tanpa gol, Haaland pun tidak berkutik menghadapi kepungan lawan.

Pertahanan Inter di laga ini layak diacungi jempol. Mereka membuat ManCity frustrasi dan kehabisan opsi. Pelatih ManCity Pep Guardiola mengakui laga lawan Inter tidak berjalan mudah. Inter bertahan dengan rapi dan bagi Pep tidak ada yang salah dengan taktik demikian.

Pep juga mengakui strikernya kesulitan. Haaland sulit menerima bola karena kepungan para pemain Inter. Striker mana pun bakal kesulitan. Bahkan Pep mengakui, para pemain Inter lebih bagus daripada timnya dalam transisi. 

"Mereka mengepung Haaland dengan enam pemain, tiga di belakang, tiga di depan. Itu membuat pemain mana pun, di mana pun, kesulitan," ujar Guardiola.

Hasil imbang di laga pertama UCL tentu tak cukup bagus bagi ManCity. Guardiola tahu itu. Namun, dia juga tahu bahwa musim masih panjang.

Sukses meredam tanpa gol, kapten tim Inter Hakan Calhanoglu ingin menunjukkan timnya tidak takut bertanding di kandang ManCity. Inter pun berhasil mengakhiri tren kemenangan City, yang selalu menang di empat laga awal di Premier League. Calhanoglu mengatakan Nerazzurri berhasil menunjukkan kalau mereka tidak takut menghadapi The Citizens. Menurutnya, Inter bermain sepak bola seperti City, dengan pengorbanan yang menunjukkan timnya juga mampu bermain sepak bola bagus.

“Kami tahu bahwa Manchester City tidak pernah kalah di kandang sendiri dan kami membawa pulang satu poin. Kami ingin terus seperti ini, membuktikan siapa Inter,” kata Calhanoglu.

Inter mencapai final Liga Champions pada 2023 dan memenangkan Scudetto musim lalu. Calhanoglu bertekad membawa timnya meraih kesuksesan pada musim ini.

Sejatinya Inter memiliki peluang emas mencetak gol lewat Matteo Darmian dan Henrikh Mkhitaryan. Namun kedua pemain tersebut gaga memaksimalkan peluang. Pelatih Inter, Simone Inzaghi pun memahami kesulitan timnya.

"Hal semacam ini juga terjadi di Serie A. Kami harus menunjukkan kemampuan dan teknik yang lebih baik di area sepertiga akhir, yang seharusnya ada di skuad ini," ujar Inzaghi.

Selain laga ManCity kontra Inter Milan, UCL juga menyajikan laga besar antara klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) yang menang tipis 1-0 atas tim debutan asal Spanyol, Girona. Gol PSG dicetak akibat lewat blunder fatal kiper Girona, Paulo Gazzaniga.

Sedangkan finalis musim lalu Borussia Dortmund mengawali fase Liga dengan menghajar tuan rumah Club Brugge 3-0.  Tiga gol kemenangan Dortmund di markas Club Brugge semuanya tercipta di babak kedua, dua di antaranya lewat aksi Jamie Bynoe-Gittens dan satu gol penalti Sehrou Guirassy. *

Komentar