nusabali

Anggaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dipangkas

  • www.nusabali.com-anggaran-dinas-kearsipan-dan-perpustakaan-dipangkas

SEMARAPURA, NusaBali - Sejumlah program yang dicanangkan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Klungkung terkena penyesuaian anggaran APBD 2024. Salah satunya di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung. Pengadaan komputer, printer, sarana dan prasarana sebesar Rp 600 juta lebih semuanya dipangkas.

Penyesuaian anggaran tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 900.1.3.5/1653/BPKPD/2024 tentang Pengendalian Pelaksanaan Belanja Daerah pada APBD Klungkung Tahun Anggaran 2024. Informasi di lapangan, surat edaran itu dilatarbelakangi prediksi kondisi keuangan daerah Kabupaten Klungkung sampai akhir Tahun Anggaran 2024 yang tidak mencukupi untuk membiayai seluruh kebutuhan belanja daerah dari APBD 2024. Sehingga diprioritaskan untuk belanja-belanja yang bersifat wajib dan atau mengikat serta kegiatan strategis prioritas untuk kepentingan umum.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, Komang Wisnuadi, tidak menampik hal tersebut. Program yang diajukan pada APBD Perubahan 2024 ini untuk pengadaan sarana dan prasarana maupun unit komputer dan printer. “Nggih maklumi kondisi anggaran Klungkung seperti niki,” ujar Wisnuadi saat dihubungi per telepon, Jumat (20/9). Program tahun 2025 mendatang sudah ada bayangan dapat dana DAK fisik sebesar Rp 1 miliar dan non fisik Rp 750 juta. 7 wan

Komentar