nusabali

18.000 Ekor Ayam Terpanggang, Kerugian Diperkirakan Rp 1,1 M

Gempa, Pemanas Kandang Ayam di Bangli Jatuh

  • www.nusabali.com-18000-ekor-ayam-terpanggang-kerugian-diperkirakan-rp-11-m

BANGLI, NusaBali - Musibah kebakaran yang dipicu getaran gempa terjadi di Banjar Kembangmerta, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Bangli pada Sabtu (21/9) sekitar pukul 08.00 Wita.

Kebakaran kandang ayam itu mengakibatkan 18.000 ekor ayam terpanggang. 

Diketahui kandang ayam tersebut milik I Wayan Oka Adnyana, 43, warga Banjar Kembangmerta, Desa Penglumbaran. 

Kasi Humas Polres Bangli AKP I Wayan Sarta saat dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kebakaran kandang ayam. 

Dijelaskan, Sabtu pagi sempat terjadi gempa, maka itu pemilik kandang Wayan Oka bermaksud mengecek kondisi di kandang. Ketika itu dilihat ada kepulan asap dari dalam kandang. 

“Saat dicek alat pemanas/penghangat ruangan yang tadinya ada di atas sudah terjatuh dan sudah terjadi kebakaran,” kata AKP Wayan Sarta. 

Wayan Oka berupaya memadamkan api, namum api sudah membesar. Lantaran tidak mampu memadamkan api, Wayan Oka kemudian menghubungi pemadam kebakaran. Pemadam dikerahkan ke lokasi. Proses pemadaman sekitar 1 jam. 

“Berdasarkan hasil pemeriksaan di TKP dan olah TKP serta keterangan saksi korban, bahwa kebakaran tersebut terjadi karena kompor alat pemanas/penghangat ruangan terjatuh akibat getaran gempa kemudian membakar bangunan kandang,” ucap AKP Wayan Sarta. 

Menurut AKP Wayan Sarta, dalam peristiwa tersebut kandang ayam ludes terbakar. Selain itu seluruh fasilitas dan 1 unit motor terbakar serta belasan ribu ayam juga terpanggang. Akibat kejadian tersebut Wayan Oka mengalami kerugian material yang besar. “Kerugian diperkirakan Rp 1,1 miliar,” ungkapnya. 7 esa

Komentar