nusabali

Wakil Indonesia Habis di China Open

  • www.nusabali.com-wakil-indonesia-habis-di-china-open

Jonatan mendapatkan perlawanan sengit dari Weng sejak awal laga. Permainan gemilang juga ditunjukkan Weng. Smash-smash kerasnya sulit dikembalikan Jonatan.

CHANGZHOU, NusaBali
Jonatan Christie kalah di semifinal China Open 2024 Super 1000. Jagoan tunggal putra Indonesia itu kalah dari pemain tuan rumah China, Weng Hong Yang, 17-21 dan 18-21, di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, Sabtu (21/9) malam WITA. 

Kekalahan Jonatan itu membuat wakil Indonesia habias alias tak memiliki wakil di laga final, Minggu ini. Sebelumnya ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, juga kandas di semifinal.

Sedangkan dalam pertandingan tunggal putra, Jonatan mendapatkan perlawanan sengit dari Weng sejak awal laga. Permainan gemilang juga ditunjukkan Weng. Smash-smash kerasnya sulit dikembalikan Jonatan.

Jonatan terlalu banyak membuat kesalahan sendiri, yang menyebabkan dirinya selalu tertinggal. Meski berusaha keras melawan, Jonatan gagal meredam serangan Weng di poin-poin krusial sehingga akhirnya tumbang.

Sebelum Jonatan, ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin juga gagal ke final usai kalah dari wakil Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izuddin,14-21, 22-24 dalam waktu 43 menit.

Bentrok Fikri/Daniel kontra Goh/Nur berlangsung sengit di awal gim pertama. Perolehan poin antara keduanya bahkan terus alot. Fikri/Daniel yang kerap tertinggal bahkan bisa mematahkan tiga match point.

Hanya saja, wakil Malaysia tidak lagi membuang peluang untuk mengamankan kemenangan. Goh/Nur bisa memastikan kemenangan 24-21 sekaligus menghentikan langkah Fikri/Daniel.

Kekalahan itu membuat Fikri/Daniel mengikuti jejak Dejan/Gloria yang langkahnya juga terhenti di babak semifinal China Open 2024.

Sebelumnya pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga kandas di tangan unggulan kedelapan asal Thailand Kunlavut Vitidsarn di perempatfinal, Jumat (20/9). Ginting takluk 21-10, 11-21, 19-21.

"Memang disayangkan tapi tidak bisa dipungkiri sangat struggle dengan kondisi sisi lapangan setelah interval gim ketiga. Itu juga yang dirasakan Kunlavut di gim pertama dan saya di gim kedua," ujar Ginting.

Nasib sama juga dialami Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang harus angkat koper di perempat final. Fajar/Rian terhenti setelah diadang wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-14, 17-21, 14-21.

Usai gagal meraih gelar di China Open, para pemain Indonesia akan tampil di Macau Open 2024. Indonesia mengirimkan 10 wakil, dan akan terjadi perang saudara mempertemukan Daniel Marthin/Muhammad Shohibul Fikri vs Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis daftar lengkap hasil undian Macau Open 2024 pada 24-29 September 2024.

Turnamen Super 300 itu memperebutkan hadiah mencapai USD210 ribu atau setara Rp 3,18 miliar.  Sedangkan satu pasangan lainnya, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani akan berjumpa dengan lawan dari negara lain. 

Di tunggal putri, Putri Kusuma Wardani (Putri KW), mendapatkan lawan yang cukup mudah di 32 besar, Vivien Sandorhazi dari Hungaria. Lalu Komang Ayu Cahya Dewi bersua utusan Taiwan, Lin Hsiang Ti. *

Komentar