nusabali

Kantor Kemenag Gianyar Gelar Festival Widyalaya

  • www.nusabali.com-kantor-kemenag-gianyar-gelar-festival-widyalaya

GIANYAR, NusaBali - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gianyar melalui Seksi Pendidikan Hindu menggelar Festival Widyalaya di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Sabtu (21/9).

Festival ini terdiri dari dua kompetisi utama yang mengangkat nilai-nilai keagamaan dan budaya Bali. Masing-masing lomba lagu keagamaan tingkat Pratama Widyalaya dan melantunkan puja Trisandya. 

Lomba lagu keagamaan dilaksanakan di Wantilan Pura Gunung Raung, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang. Diikuti enam kelompok dari berbagai Pratama Widyalaya di Kabupaten Gianyar. Lomba melantunkan puja Trisandya digelar di Aula Adi Widyalaya Rsi Markandya, Desa Taro, melibatkan 15 pasangan dari SD se-Kabupaten Gianyar. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba didampingi Plt Kasubag Tata Usaha I Gusti Nyoman Rai Astawa mengungkapkan peserta mengikuti dengan antusias festival ini. “Mereka menunjukkan kemampuan melantunkan puja Trisandya dengan khidmat dan penuh penghayatan,” jelas Ida Bagus Oka Manuaba.

Kasi Pendidikan Hindu I Nyoman Mudana menjelaskan, festival ini bertujuan untuk mengembangkan bakat seni para siswa serta melestarikan budaya dan agama Hindu di Bali. “Generasi muda diharapkan semakin mencintai warisan budaya lokal dan dapat mengekspresikan dirinya melalui seni dan ritual keagamaan,” ungkap Mudana. 7 nvi

Komentar