nusabali

22 Grup Meriahkan Jembrana Hadrah Festival

  • www.nusabali.com-22-grup-meriahkan-jembrana-hadrah-festival
  • www.nusabali.com-22-grup-meriahkan-jembrana-hadrah-festival

NEGARA, NusaBali - Jembrana Hadrah Festival Bupati Cup kembali digelar tahun ini. Festival yang berlangsung di Gedung Pendopo Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Minggu (22/9), ini diikuti 22 grup peserta dari sejumlah wilayah Jembrana.

Pembukaan Jembrana Hadrah Festival Bupati Cup yang ketiga ini ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Dandim Jembrana Letkol Inf Mohamad Adriansyah, Sekda Jembrana I Made Budiasa, dan Ketua Panitia, Husnul Hotimah.

Bupati Tamba mengatakan, konsistensi pelaksanaan Jembrana Hadrah Festival Bupati Cup ini untuk memberikan ruang dan dukungan terhadap pelestarian seni musik tradisional islami. Pihaknya menyatakan akan terus berupaya untuk menjaga eksistensi setiap kesenian tradisional yang ada di Jembrana.

Bupati Tamba menegaskan selalu berupaya memberikan hak yang sama kepada setiap kelompok seni dengan tujuan menjaga persatuan di Jembrana. "Sudah banyak hal yang kita lakukan untuk menyeimbangkan rasa solidaritas dan kebhinekaan ini pada umat muslim yang ada di Jembrana," ujarnya.

Bupati Tamba juga mengingatkan pada setiap perlombaan pasti ada yang menang dan kalah. Oleh karena itu, dirinya meminta agar pemenang dapat tetap rendah diri dan bagi yang kalah agar terus berlatih untuk meningkatkan keterampilan.

"Hari ini silahkan berlomba dengan baik. Tapi jangan sampai yang menang terlalu jemawa. Yang kalah juga berbenah untuk mengikuti lomba hadrah yang keempat tahun depan," ucap Bupati Tamba.

Ketua Panitia Jembrana Hadrah Festival Bupati Cup III, Husnul Hotimah mengatakan, total hadiah yang disiapkan lebih dari Rp 20 juta untuk dua jenis lomba. Selain lomba hadrah, juga ada lomba yel-yel Jembrana Emas.

"Untuk lomba kali ini itu nominal hadiah keseluruhan dari Hadrah dan Yel-yel Jembrana Emas beserta piala itu Rp 21.700.000. Ada untuk Juara 1,2,3, Harapan 1,2,3, serta Juara Favorit. Bagi yang tidak mendapatkan juara itu juga dapat uang pembinaan dan piagam serta tropi," ucap Husnul.

Husnul menyatakan, peserta Jembrana Hadrah Festival Bupati Cup ini tidak ada batasan secara usia. Hanya untuk jumlah peserta di masing-masing grup harus memenuhi ketentuan. "Keseluruhan peserta ada 22 grup. Per grup minimal 15 orang sampai 20 orang," ujarnya.7ode

Komentar