nusabali

Mees dan Eliano Disumpah 30 September di Den Haag

Pendaftaran Ditutup 3 Oktober, Berpeluang Perkuat Timnas Lawan Bahrain-China

  • www.nusabali.com-mees-dan-eliano-disumpah-30-september-di-den-haag

JAKARTA, NusaBali - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengabarkan dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, akan disumpah kewarganegaraan RI pada Senin (30/9), di Kedutaan Besar RI, di Den Haag, Belanda.

Sebelumnya, beredar kabar Mees dan Eliano akan dilantik jadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (23/9).  Saat ini, proses keduanya tinggal menunggu pelantikan sebagai WNI setelah Keputusan Presiden (Keppres) diteken Presiden Jokowi.

Sumardji juga menjelaskan pendaftaran pemain Timnas Indonesia melawan Bahrain akan ditutup pada 3 Oktober 2024 atau sepekan sebelum laga. Sebelumnya, tersiar narasi deadline registrasi pemain Indonesia kontra Bahrain pada 24 September 2024 atau dua minggu sebelum laga.

Indonesia akan menantang tuan rumah Bahrain pada partai ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024. Jika proses WNI dan perpindahan federasi dapat terjadi paling lama 3 Oktober 2024, Mees dan Eliano dapat debut Indonesia versus Bahrain. Selain itu, juga turun lawan China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, 15 Oktober 2024.

"Proses administrasi, termasuk perpindahan federasi dapat selesai dalam 1-2 hari. Berarti pada 3 Oktober 2024 bisa didaftarkan," jelas Sumardji.

Jika prosesnya cepat selesai, Mees dan Eliano berpeluang langsung debut di Indonesia Lawan Bahrain dan China. Menurut mantan pemain dan pelatih Gusnul Yakin, langkah itu lebih cepat lebih baik.Tujuan PSSI mempercepat proses naturalisasi kan agar keduanya segera bisa dimainkan. Dari kalkulasi kasar, kata Gusnul, kesempatan meraih poin dari dua laga ini lebih besar.

"Tiap pertandingan sangat menentukan langkah Timnas Indonesia. Makanya laga lawan Bahrain dan China harus dimaksimalkan," tutur Gusnul Yakin, yang asal Malang itu.

Jika melihat kualitas dan kondisi Mees dan Eliano yang sedang on fire bersama klubnya masing-masing, Gusnul menilai keduanya sangat layak diturunkan pada laga nanti. Namun sebagai pemain baru, kata Gusnul, mereka perlu memahami taktik Shin Tae-yong dan membangun chemistry dengan pemain lainnya.

Timnas Indonesia, kata manajer tim Sumardji, direncanakan berkumpul pada 5 Oktober 2024 untuk menghadapi dua laga Grup C lawan Bahrain daj China. Sumardji mengatakan, pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri kemungkinan akan bergabung Timnas di Bahrain.

Selain itu, Sumardji mengungkapkan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin sejumlah pemain menaiki pesawat kelas bisnis ke Bahrain.  Timnas Indonesia menggunakan penerbangkan komersial ke Bahrain, tapi akan menyewa pesawat ke China.

"Jadi, kemungkinan kami akan mencari yang memungkinkan dipakai berangkat bersama-sama. Kemungkinan pada 6 Oktober 2024 pagi atau siang,"kata Sumardji. *

Komentar