nusabali

Paket Sandi Victory, MS Glowing Satu Jalur

Di Pilkada Badung Suyadinata 1, Adicipta 2

  • www.nusabali.com-paket-sandi-victory-ms-glowing-satu-jalur

TABANAN, NusaBali - Sesuai dengan tagline dua periode pasangan Cabup-Cawabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya-I Made Dirga (Sandi) yang diusung tujuh partai, yakni PDIP, Perindo, Hanura, PPP, PKB, PBB dan Gelora memperoleh nomor urut 2 dalam pengundian nomor urut di KPU Tabanan, Senin (23/9).

Sedangkan pasangan I Nyoman Mulyadi-I Nyoman Ardika alias Sengap (MS Glowing) yang diusung KIM Plus (Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PAN, PKN, Garuda) mendapat nomor urut 1. Baik Sanjaya-Dirga dan Mulyadi-Ardika sama-sama klaim nomor urut yang diperoleh sebagai kehendak alam dan angka kemenangan.

Pengundian nomor urut yang digelar dalam rapat Pleno oleh KPU Tabanan ini dihadiri pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon. Kedua paslon pun hadir bersama tim pemenangan dan pimpinan parpol pengusung dan pendukung. 

Paslon yang datang terlebih dahulu adalah Sanjaya-Dirga, sedangkan pasangan Mulyadi-Ardika datang belakangan. Kepada wartawan, Cabup nomor urut 2 I Komang Gede Sanjaya mengatakan bahwa angka dua artinya victory alias kemenangan. Selain itu nomor 2 juga bisa dimaknai dua periode artinya melanjutkan kepemimpinan dalam pemerintahan di Tabanan. "Melanjutkan kepemimpinan sebelumnya baru 3,5 tahun, astungkara dengan nomor dua ini bisa melanjutkan program-program yang belum terlaksana dalam kepemimpinan dua periode nanti. Jadi itu artinya nomor 2," tegas Sanjaya. 

Selain itu angka 2 ini disebutkan sudah kehendak alam. Sebab selama ini Sandi terus mengajak tim maupun masyarakat selalu menggaungkan salam victory. "Nomor 2 yang didapat ini sesuai dengan harapan dan sudah kehendak alam," tegasnya. 

Kemudian mengenai mekanisme kampanye nanti, Sanjaya menyebutkan bakal mengikuti aturan dari KPU. "Kami bersama partai pengusung dan pendukung bakal ikuti juklak dan juknis dari KPU termasuk dalam pemasangan atribut kampanye," katanya. 

Sementara itu Cabup nomor urut 1 I Nyoman Mulyadi juga mengatakan bahwa nomor urut 1 adalah angka kemenangan bagi Mulyadi-Sengap. Menurut Mulyadi angka 1 ini sudah kehendak alam sebab angka 1 ini menandakan pemerintahan sejalan dari pusat, provinsi, dan kabupaten. "Artinya one komando, satu jalur. Sebab satu jalur ini sangat penting untuk kelinieran pemerintah dari pusat, provinsi, dan kabupaten. Astungkara dengan nomor 1 ini paket Mulyadi-Ardika bisa memenangkan perhelatan Pilkada 2024," katanya. 

Hal senada disampaikan Cawabup I Nyoman Ardika alias Sengap. Angka 1 yang didapat ini sudah berkah alam. Selain itu menurut Sengap angka 1 ini menandakan masyarakat Tabanan harus bersatu memilih nomor 1 untuk Tabanan maju dan sejahtera. "Kami juga inginkan dalam pemilu ini berjalan damai, tidak adanya intimidasi dan seluruhnya netral," tegasnya.

Sementara untuk Pilkada Badung 2024, pengundian dan penetapan nomor urut juga diselenggarakan oleh KPU Badung, Senin kemarin. Dalam pengundian nomor urut ini, pasangan Cabup-Cawabup I Wayan Suyasa-I Putu Alit Yandinata (Suyadinata) mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan pasangan I Wayan Adi Arnawa-Bagus Alit Sucipta (Adicipta) mendapatkan nomor urut 2. Masing-masing paslon saling klaim makna kemenangan dari nomor urut yang didapat.

Dua Pasangan Cabup-Cawabup Badung dengan nomor urut yang mereka raih di KPU Badung, Senin (23/9). –AGUNG INDI 

Ketua KPU Kabupaten Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra mengatakan KPU Badung telah melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor paslon. Semua tahapan berjalan lancar dan sangat transparan. Sesuai hasilnya, paslon Suyadinata dapat nomor urut 1, kemudian paslon Adicipta memperoleh nomor urut 2. ”Mulai hari ini kita menyebut paslon nomor urut 1 dan paslon nomor urut 2,” jelasnya.

Mendapat nomor urut 1, Cabup I Wayan Suyasa menyampaikan mengapresiasi proses pengundian nomor urut ini. Tentunya semua nomor urut itu memiliki nilai yang berarti bagi masing-masing paslon. Memandang makna nomor 1, Suyasa pun mengartikan nomor ini sebagai nomor kemenangan. “Apapun langkah kami, pertama yang kami sampaikan, 1 itu kemenangan,” ujar Suyasa. Selain itu Suyasa juga menyampaikan, nomor urut 1 yang didapatkan menandakan satu jalur dari pusat, kemudian provinsi hingga kabupaten. Sehingga akan lebih gampang untuk mensosialisasikan secara linear. Sebab dalam Pilkada akan dilakukan bersamaan pada 27 November 2024. 

Sementara Cabup I Wayan Adi Arnawa menyampaikan nomor urut yang didapat telah ada tanda-tandanya. Sehingga ia berharap nomor 2 yang bermakna victory bisa memberikan kemenangan untuk pasangan Adicipta. “Mudah-mudahan memberikan tanda-tanda kemenangan bagi kami. Antara kami dengan Koster-Giri (Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Bali) mungkin sudah in line, sehinngga dalam membuat kebijakan nanti akan terintegrasi,” jelas Adi Arnawa.

Cabup asal Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan ini berharap, pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar, dengan mengedepankan politik santun. Tidak perlu saling menjelekkan, karena Adicipta dan Suyadinata adalah Paslon yang diharapkan masyarakat. 7 des, ind

Komentar