nusabali

Nusa Penida Festival Dimeriahkan 1.000 Penari Rejang Renteng

  • www.nusabali.com-nusa-penida-festival-dimeriahkan-1000-penari-rejang-renteng

SEMARAPURA, NusaBali - Nusa Penida Festival ‘The Blue Paradise Islands’ dipastikan akan digelar selama 3 hari di Pantai Devil's Tears dan Stage Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada 10-12 Oktober 2024.

Program yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) ini tidak terkena penyesuaian anggaran perubahan APBD 2024. Anggaran untuk Nusa Penida Festival masih tetap Rp 1 miliar. Pembukaan Nusa Penida Festival di Pantai Devil's Tears dimeriahkan dengan pementasan Tari Rejang Renteng yang didukung 1.000 penari. Secara niskala untuk kelancaran acara, panitia mulang pakelem pada Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (10/9). 

Khusus 1.000 penari Rejang Renteng melibatkan penari dari Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu. Perbekel Desa Lembongan, I Ketut Gede Arjaya, mengatakan mendukung penuh event tahunan nasional ini. Dinas Pariwisata sudah menjalin koordinasi dengan pemerintah desa. “Mudah-mudahan berjalan lancar, kami siap mendukung,” ujar Arjaya, Senin (23/9).

Seribu penari rejang diperkuat ibu-ibu PKK dan yowana. Masing-masing dari Desa Lembongan 600 penari dan Desa Jungutbatu 400 penari. “Nanti juga diiringi mulang pakelem dan Peluar Sang Hyang Grodog,” ujar Arjaya. Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menegaskan event tahunan Nusa Penida Festival akan tetap dilaksanan. Nusa Penida Festival sudah masuk event nasional KEN. “Anggarannya sekitar Rp 1 miliar,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar