nusabali

Bali Turun Peringkat di PON 2024

Meraih 36 Medali Emas dan di Urutan Tujuh

  • www.nusabali.com-bali-turun-peringkat-di-pon-2024

Saat atlet sampai di Aceh dan Medan, mereka dalam keadaan siap tempur dan memberikan hasil maksimal. Namun, ada beberapa hasil yang belum tercapai. Namun untuk hasil saat ini, kita puas.

DENPASAR, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mengalami kemunduran dalam pembinaan olahraga Pulau Dewata. Hal ini terbukti dari pencapaian yang diraih dalam PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara. Yang mana, KONI Bali menargetkan 45 medali emas dan masuk lima besar. Namun, nyatanya turun ke peringkat ke tujuh dan meraih 36 emas.

KONI Bali mengirimkan 549 atlet dari 49 cabang olahraga yang dipertandingkan di Aceh dan Sumut. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibandingkan PON Papua 2021, yang hanya mengirim 235 atlet dari 29 cabang olahraga (cabor). 

Namun di Bumi Cendrawasih itu, kontingen Bali meraih 28 medali emas dan menduduki peringkat kelima. Sedangkan di Aceh dan Sumatera Utara, Bali menduduki peringkat ketujuh di bawah kontingen Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Aceh.

Terjungkalnya peringkat Bali di posisi ketujuh itu disaat ada tambahan 10 cabor, yakni Kabaddi, Dance Sport, Balap Sepeda, Golf, Gateball, Tenis Meja, Bridge, Petanque dan Barongsai. Namun dari 10 cabor itu, Bali hanya mendapatkan 10 emas dari enam cabor. Sedangkan empat Cabor lainnya gagal meraih medali. 

Lebih disayangkan, sejumlah cabor andalan Bali selama ini gagal meraih emas, seperti pencak silat. Dengan catatan mirror itu, KONI Bali pun akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Cabor yang ikut PON 2024 itu.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengaku, pihaknya sudah melaksanakan program yang dirancang sejak Pelatda. Sehingga, saat atlet sampai di Aceh dan Medan dalam keadaan siap memberikan hasil maksimal. Namun, ada beberapa hasil yang belum tercapai. Dia juga tidak menampik pencapaian emas dan perak jumlahnya tidak jauh berbeda. 

"Hal ini membuktikan kalau itu sudah berusaha sampai ke final. Kita sudah berusaha memberikan yang terbaik. Untuk hasil saat ini, kita puas," ungkap Oka Darmawan.

Atas peringkat ketujuh itu, Oka Darmawan berdalih, sejatinya Bali masih dihitung dalam kategori lima besar, karena dari peringkat 1 - 7 itu ada dua tuan rumah, Aceh dan Sumatera Utara. Jadi, kondisi itulah yang dinilainya masih wajar dan puas dengan capaian kontingen Bali. Apalagi, dari target 45 emas, Bali meraih 36 emas dan kurangannya 9 emas. 

"Maka tugas ke depannya ini akan disisir, cabor yang berpeluang meraih medali dan tidak. Kemudian, evaluasi cabor yang mempunyai target dan pencapaian seperti apa? Ini yang dilakukan dalam waktu dekat ini," pungkas Oka Darmawan. dar

Komentar