nusabali

Pemdes Pacung Buka Rumah Belajar Upaya Pemerataan Digitalisasi

  • www.nusabali.com-pemdes-pacung-buka-rumah-belajar-upaya-pemerataan-digitalisasi

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Buleleng mengupayakan berbagai cara untuk pemerataan digitalisasi di wilayahnya.

Salah satunya menyiapkan perpustakaan desa dan rumah belajar yang dilengkapi dengan jaringan internet gratis yang dapat dimanfaatkan seluruh warga desanya.
 
Perbekel Desa Pacung, Gede Kardiana mengatakan, dari sejumlah wilayah Buleleng yang terkendala akses jaringan internet karena topografi wilayah, Pacung masuk salah satunya. Sehingga Pemdes berupaya menerapkan program penguatan jaringan internet untuk warga desanya.
 
Pemerataan digitalisasi yang dimaksud tidak hanya sebatas pengelolaan website desa yang menjadi tempat mempublish segala informasi dan data terkait desa. Namun penguatan digitalisasi juga dibarengi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola digitalisasi di desa.
 
“Kami sudah ada SDM khusus mengelola website desa. Ada duta digital desa juga yang memberikan pelatihan berkelanjutan kepada operator pengelola website desa,” terang Kardiana, Kamis (26/9).
 
Selain itu perpustakaan desa dan rumah belajar yang sudah dilengkapi komputer dan jaringan internetnya dapat dimanfaatkan warga desa. Terutama anak-anak sekolah, yang saat ini dituntut serba digital. Akses jaringan internet gratis juga dipasang di balai masyarakat, balai banjar yang belum terjangkau internet.
 
Akses jaringan internet gratis yang disiapkan Pemdes Pacung ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakatnya untuk mendapatkan informasi dan data terkini. Terlebih saat ini perkembangan teknologi dan informasi sangat cepat. Dia tidak menginginkan warga desanya menjadi daerah tertinggal dari sisi informasi akibat terkendala akses internet.7 k23

Komentar