nusabali

Cegah Balap Liar, Polsek Temui Bengkel

  • www.nusabali.com-cegah-balap-liar-polsek-temui-bengkel

Polisi meminta agar bengkel tidak memfasilitasi perubahan kendaraan yang tidak sesuai standar. Seperti penggantian knalpot menjadi brong.

NEGARA, NusaBali
Upaya pencegahan aksi balap liar di wilayah Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, terus ditingkatkan. Selain menggencarkan patroli, pihak Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Gilimanuk juga turun menyampaikan imbauan langsung kepada berbagai elemen masyarakat, termasuk pemilik bengkel yang sering menjadi tempat modifikasi kendaraan.

Seperti yang dilaksanakan Kamis (26/9) siang. Anggota Polsek KP Gilimanuk bersama perwira pengawas (Pawas), Iptu I Nengah Armika menyambangi sebuah bengkel motor di Lingkungan Asih, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana. Kunjungan tersebut bertujuan memberikan imbauan terkait peran penting bengkel dalam mencegah aksi balap liar.

Dalam imbauannya, Iptu Armika menekankan agar bengkel lebih selektif dalam melayani pelanggan, khususnya anak muda yang sering terlibat dalam balap liar. Polisi meminta agar bengkel tidak memfasilitasi perubahan kendaraan yang tidak sesuai standar. Seperti penggantian knalpot menjadi brong yang sering menjadi ciri khas kendaraan balap liar.

"Selain itu, kami harapkan juga bisa memberikan edukasi kepada anak-anak muda agar tidak terlibat dalam kegiatan balapan liar yang jelas-jelas bisa membahayakan keselamatan diri ataupun orang lain," ucap Iptu Armika.

Kapolsek KP Gilimanuk Kompol I Komang Muliyadi mengatakan, kegiatan patroli dan imbauan ke bengkel motor itu merupakan salah satu upaya mencegah balap liar. Dengan pendekatan yang tulus dan ikhlas, pihaknya berharap dapat menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

Menurut Kompol Mulyadi, kegiatan itu sejalan dengan visi Polda Bali untuk mewujudkan DHARMA, yakni Disiplin dan Berintegritas, Humanis, Akuntabel, Responsif Melayani Dengan Hati dan Adaptif. Serta mendukung Polri Presisi yang mengedepankan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

"Selain imbauan kepada pemilik bengkel, kita juga secara rutin melaksanakan Patroli Rahayu (kendaraan cahaya biru) sebagai bagian dari program MULIA (Modern, Unggul, dan Ikhlas) yang digagas oleh bapak Kapolres Jembrana. Tujuan utama kita tentunya menciptakan suasana Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif," ucap Kompol Mulyadi.7ode

Komentar