nusabali

Jelang Pilkada, KPU Tabanan Terima Ribuan Kotak Suara dan Bilik Suara

  • www.nusabali.com-jelang-pilkada-kpu-tabanan-terima-ribuan-kotak-suara-dan-bilik-suara

TABANAN, NusaBali - Jelang Pilkada Tabanan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan mulai terima sejumlah logistik. Logistik pun sudah diterima sebelum Hari Raya Galungan dan saat ini telah disimpan di Gudang Logistik eks Hardy Tabanan Jalan By Pass Ir Soekarno, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Adapun logistik yang sudah KPU Tabanan terima mulai dari 3.400 buah bilik pemungutan surat suara dan 1.720 buah kotak suara. Seluruh logistik yang telah diterima tersebut sudah diupatade dalam status silog ditandai dengan dokumen BTTB (Bukti Tanda Terima Barang).

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra menegaskan seluruh logistik yang sudah diterima sudah masuk dalam gudang KPU di eks Hardys Tabanan. Saat ini tinggal menunggu jadwal pengecekan logistik. "Baru dua jenis logistik yang kami terima. Selebihnya akan menyusul," ujarnya, Kamis (26/9).

Menurutnya, jumlah logistik yang diterima dan bakal diterima disesuaikan dengan jumlah dari 850 TPS di Tabanan. Apabila ada kurang atau pun rusak akan dilaporkan dan selebihnya untuk dilakukan penggantian. "Saat ini kami masih tahap penerimaan. Belum dilakukan sortir masih menunggu jadwal," tegasnya.

Dijelaskan, Suwirta sebagai persiapan Pilkada Tabanan nanti, KPU Tabanan juga sudah melakukan penyortiran tinta pemilihan sebelumnya. Termasuk telah melalukan pembongkaran kotak suara, bilik suara, dan surat suara hasil Pemilu 2024 sesuai dengan arahan Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU. "Pembongkaran dilakukan untuk mengelola eks logistik Pemilu 2024. Surat suara telah dimasukan kedalam ⁠plastik dan diberi label dan berat plastik," tegasnya.

Dia menambahkan, persiapan logistik menjadi faktor penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu, mengingat kelancaran proses pemungutan suara sangat bergantung pada kesiapan logistik tersebut. "Kami terus melakukan pemantauan dan koordinasi agar seluruh proses pengelolaan logistik berjalan lancar dan sesuai jadwal," tandas Mantan PPK Kecamatan Tabanan ini.7des

Komentar