nusabali

Putu Edi Berpeluang ke SEA Games

  • www.nusabali.com-putu-edi-berpeluang-ke-sea-games

JAKARTA, NusaBali - Usai tampil cemerlang di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, atlet biliar andalan Bali I Putu Edi Wirawan berpeluang masuk tim SEA Games 2025 di Thailand.

Ya, dari empat nomor yang diikuti, semuanya berbuah medali. Bahkan, Putu Edi mempersembahkan dua medali emas di nomor double six red dan double snooker bersama I Kadek Sugiarta.

Lalu, Putu Edi juga meraih medali perak di nomor six red single dan perunggu di nomor snooker single. Prestasi tersebut membuat Putu Edi berpeluang masuk tim biliar Indonesia di SEA Games 2025 Thailand. Apalagi Putu Edi juga pernah tampil di SEA Games 2019 Filipina.

"Saya berharap lolos ke SEA Games lagi agar bisa membela Indonesia kembali," ucap Putu Edi, Kamis (26/9). 

Untuk bisa lolos ke SEA Games, Putu Edi akan menjalani seleksi. Tidak hanya Putu Edi, rekan satu timnya I Kadek Sugiarta juga akan diseleksi. 

Sebab, seleksi diikuti atlet peraih medali emas dan medali perak PON 2024. 

Karena itulah, Putu Edi dan Kadek Sugiarta tetap harus bersaing dengan atlet daerah lain. Pasalnya, penilaian berdasarkan penampilan perorangan. Selain itu, Putu Edi akan bersaing juga dengan lawan-lawan yang dihadapi di PON 2024. Antara lain, Gebby dari Kalimantan Selatan, Diko dari Sumatera Utara dan Yoni Rahmanto dari Jawa Tengah. 

Di PON lalu, Putu Edi menang dua kali dari Yoni di double. Sedangkan dengan Gaby dan Diko, Putu Edi kalah di single. Saat seleksi nanti, dia tak masalah bertemu mereka lagi.

Anak pertama dari empat bersaudara ini tetap optimis menang dari mereka agar langkahnya ke SEA Games 2025 Thailand semakin terbuka. Untuk itu, dia akan menyiapkan diri dengan baik. Putu Edi telah membuat jadwal latihan tiga kali dalam seminggu, meski agenda seleksi belum diketahui.

Dia memprediksi seleksi untuk SEA Games 2025 akan berlangsung awal tahun. Dia pun akan mulai berlatih setelah hari Raya Kuningan. Latihan tidak lagi di Tabanan, tetapi di Denpasar. Pasalnya, di Denpasar ada fasilitas meja biliar baru.

"Sabtu kemarin saya tiba di Bali setelah mengikuti PON. Lalu ada Hari Raya Galungan dan Kuningan. Jadi, saya rest dulu. Usai hari raya, saya mulai latihan mempersiapkan diri mengikuti seleksi SEA Games. Mudah-mudahan, saya bisa mengikuti SEA Games lagi," kata Putu Edi. k22

Komentar