nusabali

KPU Buleleng Bagi 2 Zona Kampanye

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-bagi-2-zona-kampanye

Kedua paslon Bupati-Wakil Bupati Buleleng dapat berkampanye di hari yang sama. Namun yang membedakan lokasi kampanye, sesuai dengan zona.

SINGARAJA, NusaBali
Tahapan kampanye pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Buleleng di Pilkada 2024, ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng. Ada dua zona kampanye yang ditetapkan untuk paslon, keduanya bisa berkampanye setiap hari dengan zona yang berbeda.

Dua zona yang ditetapkan yakni Zona A meliputi Kecamatan Kubutambahan, Tejakula, Sawan, Buleleng, dan Sukasada. Sedangkan Zona B meliputi Kecamatan Banjar, Busungbiu, Gerokgak dan Seririt.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana, mengatakan jadwal kampanye sudah ditetapkan pada Senin (23/9), sesuai dengan masa tahapan kampanye yang sudah ditetapkan pada PKPU 2 Tahun 2024. Kedua paslon Bupati-Wakil Bupati baik dari paket JOSS 24 (dr I Nyoman Sutjidra-Gede Supriatna) dan paket I Nyoman Sugawa Korry-Gede Suardana dapat berkampanye di hari yang sama. Namun yang membedakan lokasi kampanye.

“Misalnya pada hari pertama kampanye (26 September 2024), sudah ditetapkan Paslon 1 kampanye di zona A, dan Paslon 2 di zona B. Besoknya juga begitu, Paslon 1 di zona B dan Paslon 2 di zona A. Jadi selang-seling hingga batas akhir masa kampanye yakni tanggal 23 November 2024,” kata Dudhi.

Pembagian dua zona ini agar tiap paslon bisa melakukan kampanye tiap hari, selama masa tahapan kampanye. Selain untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya gesekan antarpaslon dan pendukungnya.

Sementara itu, Tim Pemenangan Paket JOSS 24 menggelar rapat koordinasi di Posko Pemenangan, di Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Kamis (26/9). Tim Pemenangan mensinkronkan jadwal kampanye KPU Buleleng dengan jadwal internal mereka.

Ketua Tim Pemenangan JOSS 24 Ketut Ngurah Arya menyebut siap melangsungkan kampanye sesuai dengan aturan KPU. Kampanye akan dilakukan dengan pola kampanye terbuka, tertutup, blusukan ke pasar, mendatangi tokoh masyarakat hingga kampanye akbar. Sekretaris DPC PDIP Buleleng ini menyebut ada 50 titik kampanye di 9 kecamatan yang sudah diagendakan tim JOSS 24.

“Hari ini (Kamis kemarin) kami sudah mulai kampanye, kebetulan ada undangan di Alasangker, kita langsung Joss-kan. Saat kampanye nanti situasional, kalau saat itu kampanye beda tempat zona sama, tidak mesti menghadirkan paslon, bisa juga kampanye terpisah, tim bergerak semua. Yang penting yakinkan masyarakat kehadiran bukan yang utama dan visi misi yg terpenting,” papar Ngurah Arya.

Dikonfirmasi terpisah Ketua Tim Pemenangan Paslon KIM Plus Ida Gede Komang Kresna Budi menyebut timnya belum menerima jadwal kampanye resmi dari KPU. Sehingga pergerakan tim ke lapangan masih door to door. Jadwal kampanye disebutnya akan diatur kembali, menyesuaikan dengan jadwal kampanye dari KPU.

“Besok (hari ini) kami akan rapat karena kapan jadwal kampanye belum dikasih KPU. Titik-titiknya kita sudah ada, tetapi belum disesuaikan dengan jadwal KPU, biar tidak berbenturan,” ungkap Kresna Budi. 7 k23

Komentar