nusabali

Siswa di Bangli Siap Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu

  • www.nusabali.com-siswa-di-bangli-siap-ikuti-festival-tunas-bahasa-ibu

BANGLI, NusaBali - Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi akan segera digelar. Pada ajang ini, puluhan siswa baik tingkat SD-SMP di Bangli sudah melakukan persiapan.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli berharap prestasi siswa pada ajang ini bisa meningkat dibandingkan tahun lalu.

Sekretaris Disdikpora Bangli I Ketut Darmaja mengatakan FTBI merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan tingkat kabupaten maupun provinsi. Siswa terbaik di kabupaten kemudian dikirim ke provinsi.

Menurut Ketut Darmaja untuk FTBI diikuti jenjang SD dan SMP. Ada 7 cabang lomba untuk tingkat SD yakni Mesatua Bali, Nembang Sekar Alit, Nyurat Aksara Ring Kertas, Ngripta lan Ngwacen Puisi Bali Anyar. Berikutnya, Ngripta Cerpen Bali, Mapidarta, Bebanyolan Tunggal.

Sedangkan untuk SMP yakni Bebanyolan, Metembang, Nyurat Lontar, Ngripta Ngwacen Puisi, Mesatua Bali, Pidarta, Ngripta Cerpen. "Masing-masing jenjang dan cabang lomba diikuti siswa putra dan putri. Sehingga jumlah peserta 14 orang setiap jenjang," jelasnya, Jumat (27/9).

Lanjutnya, dari hasil lomba tingkat kabupaten telah terpilih siswa terbaik. Kini para siswa tersebut dibina untuk persiapan lomba tingkat provinsi. Dalam proses pembinaan melibatkan guru pembina dari sekolah siswa tersebut.

Pejabat asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, ini menyebutkan, mendekati hari lomba intensitas pembinaan ditingkatkan. "Karena libur hari raya memang kegiatan pembinaan terkendala dalam mengatur waktu, tetapi dari sekolah berupaya mengintensifkan latihan bagi siswa," ujarnya.

Berkaca pada ajang FTBI tahun lalu, Bangli meraih juara I di 5 cabang lomba. Pihaknya berharap tahun ini prestasi para siswa bisa meningkat. "Siswa yang mendapat juara nantinya akan tampil di tingkat nasional," imbuhnya. 7esa

Komentar