nusabali

Hadapi Newcastle, Ujian Perdana Manchester City Tanpa Rodri

  • www.nusabali.com-hadapi-newcastle-ujian-perdana-manchester-city-tanpa-rodri

NEWCASTLE, NusaBali - Manchester City akan menghadapi ujian perdana tanpa gelandang andalan dan dirigen permainan, Rodri. Ujian penting ManCity itu datang saat tandang di kandang Newcastle United, dalam laga pekan ke-6 Premier League 2024/2025, di St James' Park Stadium, Sabtu (28/9) malam, pukul 19.30 WITA.

Ya, Rodri dinilai sebagai sosok sentral ManCity dalam persaingan dengan Arsenal untuk perebutan gelar juara musim 2024/2025 ini. Sebelumnya kedua tim dianggap seimbang, sama kuat, tapi sekarang situasinya berbeda, setelah ManCity dipastikan kehilangan Rodri dalam jangka panjang. 

Rodri cedera lutut serius di laga kontra Arsenal akhir pekan lalu. Dia gagal menuntaskan laga, harus ditarik keluar dan menyaksikan timnya bermain imbang 2-2.Ppemain Spanyol itu terlihat sudah di Barcelona awal pekan ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Pelatih ManCity Josep Guardiola sendiri sudah bicara, meski tidak bisa memberikan perkiraan waktu secara spesifik. Guardiola memastikan Rodri akan absen jangka panjang. 

Pakar Premier League, Jamie Carragher juga pada awalnya sedikit mengunggulkan ManCity daripada Arsenal. Namun, sekarang dia sedikit mengubah pandangannya, setelah sang konduktor permainan City tersebut absen lama.

Menurut Carragher, absennya Rodri akan berdampak besar. Kehilangan Rodri mengubah peluang juara ManCity vs Arsenal jadi 50:50. Sebab City tak pernah kalah saat Rodri bermain.

"Saya rasa, kehilangan Rodri lebih menyulitkan Man City di Liga Champions daripada di premier League. Bayangkan di laga-laga perempat final, semifinal, ketika peran gelandang bertahan sangat penting di laga-laga tandang, untuk mengontrol pertandingan."

Mateo Kovacic akan mengisi kekosongan saat Rodri absen dalam beberapa laga pertama musim ini karena cedera. Sedangkan bek tengah John Stones juga disebut-sebut akan digeser ke posisi gelandang bertahan. Kedua skenario itu untuk mengisisi posisi yang bisa ditempati Rodri. 

Laga melawan Newcastle di St James' Park nanti akan menjadi ujian ManCity tanpa Rodri, sekaligus penggantinya Kovacic atau Stones. Pekan lalu, kedua sama-sama meraih hasil kurang memuaskan. Newcastle menelan kekalahan pertamanya musim ini saat melawan Fulham, sedangkan City kehilangan start sempurnanya usai imbang 2-2 menjamu Arsenal.

Newcastle kalah 1-3 di kandang Fulham. Satu-satunya gol Newcastle dicetak Harvey Barnes. Di Emirates Stadium, ManCity nyaris kalah dari Arsenal. ManCity unggul terlebih dulu lewat gol Erling Haaland di menit 9, tapi kemudian kehilangan Rodri akibat cedera. 

Arsenal pun membalikkan kedudukan melalui gol Riccardo Calafiori menit 22 dan Gabriel Magalhaes menit 45+1, lalu kehilangan Leandro Trossard yang mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 45+8. ManCity baru bisa menyamakan skor lewat gol pemain pengganti John Stones di menit 90+8.

Setelah itu, Man City menang tipis 2-1 atas tim divisi 2 Watford di putaran ke-3 Carabao Cup/EFL Cup. Kali ini, ManCity akan tandang kontra Newcastle. ManCity akan berusaha mengincar kemenangan. Selain menjaga puncak klasemen, mereka perlu mempertahankan momentum sebelum menghadapi Slovan Bratislava di Liga Champions. *


Prediksi Starting XI 
Newcastle (4-3-3): Pope; Hall, Burn, Schar, Livramento; Joelinton, Guimaraes, Tonali; Gordon, Isak, Barnes. Pelatih: Eddie Howe.
Info skuad: Sven Botman (cedera), Jamaal Lascelles (cedera), Lewis Miley (cedera), Callum Wilson (cedera).
ManCity (3-4-2-1): Ederson; Gvardiol, Dias, Akanji; Doku, Kovacic, Lewis, Savinho; Silva, Gundogan; Haaland. Pelatih: Josep Guardiola.
Info skuad: Oscar Bobb (cedera), Nathan Ake (cedera), Rodri (cedera), Kevin De Bruyne (meragukan).

Komentar