nusabali

Enea Bastianini Pecahkan Rekor, Miguel Oliveira Mundur dari MotoGP Mandalika

  • www.nusabali.com-enea-bastianini-pecahkan-rekor-miguel-oliveira-mundur-dari-motogp-mandalika

Oliveira sejatinya salah satu rider yang difavoritkan meraih hasil baik. Pasalnya, rider asal Portugal ini adalah pemenang Seri Indonesia pada 2022, saat masih membela Red Bull KTM Factory Racing.

JAKARTA, NusaBali
Pembalap Ducati Lenovo Enea Bastianini memuncaki sesi latihan (practice) dan memecahkan rekor waktu lap tercepat di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (27/9). Bastianini mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,630 detik, di depan dua rider Prima Pramac Racing Jorge Martin dan Franco Morbidelli.

Martin dan Morbidelli masing-masing hanya terpaut 0,40 dan 0,79 detik dari Bastianini.  Sedangkan rekan satu tim Enea, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, di posisi keempat dengan 1 menit 29,712 detik. Melengkapi lima besar adalah Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46).

Lebih lanjut, posisi 10 besar diisi Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Marc Marquez (Gresini Racing), Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing).

Sebelumnya, pada sesi latihan bebas (FP) pertama, Morbidelli keluar sebagai yang tercepat. Tiga besar dalam sesi ini dilengkapi Vinales dan Martin. 

Sedangkan rangkaian MotoGP Indonesia akan berlanjut pada Sabtu (28/9), dimana bergulir sesi latihan bebas kedua pukul 10.10 WITA. Kemudian diikuti sesi kualifikasi dan Sprint yang masing-masing digelar pada pukul 10.50 WITA dan 15.00 WITA. Balapan utama MotoGP Indonesia sendiri diadakan Minggu (28/9) pada pukul 15.00 WITA.

Sementara itu, rider Trackhouse Racing, Miguel Oliveira, terpaksa mundur dari MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (27/9). Keputusan berat itu harus diambil setelah Oliveira didiagnosa mengalami keretakan tulang di pergelangan tangan kanannya.

Oliveira sejatinya merupakan salah satu rider yang difavoritkan meraih hasil baik akhir pekan ini. Pasalnya, rider asal Portugal ini merupakan pemenang Seri Indonesia pada 2022, ketika masih membela Red Bull KTM Factory Racing.

Sayangnya, Oliveira mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 4 Sirkuit Mandalika pada sesi latihan bebas pertama (FP1) pada Jumat pagi. Ia terlempar dari motor Aprilia RS-GP miliknya dan terjatuh keras di aspal.

Oliveira terlihat membutuhkan bantuan tandu dari petugas medis untuk dibawa keluar trek dan area run off. Ia kemudian dilarikan ke Medical Center sebelum ditransfer ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih jauh.

"Miguel mengalami keretakan pada pergelangan tangan kanannya. Ia menjalani CT scan tiga dimensi di rumah sakit yang ada di Mataram untuk mengevaluasi apakah ia membutuhkan operasi atau tidak," tulis Trackhouse via X.

Pada Jumat (27/9) siang, MotoGP pun mengumumkan secara resmi Oliveira mengalami keretakan tulang di pergelangan tangan kanannya, sehingga pembalap berusia 29 tahun ini harus mundur dari sisa pekan balap.

"Usai mengalami high side hebat dalam FP1, Miguel Oliveira dinyatakan tidak fit untuk balapan di Grand Prix Indonesia. Rider Portugal ini mengalami keretakan tulang pergelangan tangan kanan akibat kecelakaan besar di Tikungan 4 pada sesi pembuka di Mandalika," tulis mereka. ant

Komentar