nusabali

Penyu Lekang Dievakuasi ke Laut, Ditemukan di Tengah Sawah Warga Penarukan

  • www.nusabali.com-penyu-lekang-dievakuasi-ke-laut-ditemukan-di-tengah-sawah-warga-penarukan

SINGARAJA, NusaBali - Seekor penyu lekang dievakuasi ke laut setelah ditemukan di tengah sawah milik warga di Desa Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Sabtu (28/9) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Satwa yang dilindungi ini ditemukan warga setempat tengah merayap di pematang sawah, tak jauh dari bibir pantai. 

Penyu lekang ini berukuran sekitar 60 centimeter dan tengah berusaha kembali ke laut. Warga yang melihat kejadian itu langsung melaporkan ke pihak berwajib. Tak lama kemudian, tim gabungan dari Satuan Polairud Polres Buleleng bersama Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Penarukan tiba di lokasi. Dengan hati-hati, mereka menggotong penyu tersebut dan memindahkannya ke habitat aslinya di Pantai Penarukan.

Kasat Polairud Polres Buleleng, AKP Putu Edy Sukaryawan, mengapresiasi kesigapan warga dalam melaporkan penemuan ini. Sehingga bisa langsung dievakuasi dengan cepat ke laut. “Penyu ini merupakan satwa yang dilindungi. Tindakan cepat masyarakat dalam menyelamatkan satwa ini patut diapresiasi,” ujar AKP Edy.

AKP Edy menyebutkan, jarak lokasi penyu ditemukan itu sekitar 200 meter dari bibir pantai. Kemungkinan penyu tersebut tersesat saat mencari jalur ke laut. Apalagi, di pantai tersebut sudah beberapa kali menjadi sarang dan bertelurnya penyu. Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di kawasan pesisir. “Mari bersama-sama menjaga habitat satwa laut agar tetap lestari,” ujar AKP Edy.mzk

Komentar