nusabali

Jorge Martin Juara MotoGP Indonesia 2024

  • www.nusabali.com-jorge-martin-juara-motogp-indonesia-2024

PRAYA, NusaBali.com – Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, berhasil menebus kesalahannya dalam balapan Sprint dengan meraih kemenangan dominan dari awal hingga akhir di MotoGP Indonesia 2024 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9/2024) sore.

Kemenangan Martin tidak didapat dengan mudah. Rookie Pedro Acosta memberikan tekanan mengejutkan di pertengahan balapan, dan Enea Bastianini bahkan hampir mengancam posisinya sebelum akhirnya mengalami kecelakaan di Tikungan 1 dengan tujuh lap tersisa.

Bastianini, Marco Bezzecchi, dan juara bertahan Francesco Bagnaia sempat tertahan di belakang rekan setim Martin, Franco Morbidelli, selama sebagian besar balapan. Bagnaia akhirnya berhasil menyalip Morbidelli untuk merebut posisi ketiga dengan lima lap tersisa, yang berarti Martin berhasil membangun kembali keunggulan poinnya menjadi 21 poin dalam klasemen sementara. Martin bahkan menghancurkan kaca pelindungnya sebagai ungkapan kegembiraan atas kemenangannya.

Sementara itu, Bastianini menjadi salah satu dari sembilan pembalap yang gagal menyelesaikan balapan. Marc Marquez juga masuk dalam daftar pembalap yang tidak finis setelah mengalami masalah teknis pada motornya yang menyebabkan kebakaran kecil.

Sejak awal, Martin langsung memimpin balapan dan berhasil melewati Tikungan 16 dengan aman pada lap pertama. Di belakangnya, Pedro Acosta berhasil menyalip Bastianini untuk merebut posisi kedua. Acosta memang tidak mampu menyamai kecepatan Martin pada sepuluh lap pertama, namun ia memberikan tekanan di pertengahan balapan sambil menjauh dari pertarungan untuk posisi ketiga.

Bagnaia, yang memulai balapan dari baris kedua setelah memenangkan balapan Sprint, sempat turun ke posisi enam akibat wheelie di awal balapan. Namun, ia berhasil kembali bersaing dan meraih podium ketiga.

Maverick Vinales tampil sendiri di posisi keenam untuk Aprilia, diikuti Fabio Quartararo dari Yamaha di posisi ketujuh. Johann Zarco berhasil memenuhi targetnya untuk masuk sepuluh besar dengan Honda.

Marco Bezzecchi dan rekan setimnya di VR46, Fabio di Giannantonio, tampil dengan livery khusus yang terinspirasi dari bendera merah-putih Indonesia.

Miguel Oliveira absen dalam balapan ini setelah mengalami cedera patah pergelangan tangan kanan akibat kecelakaan pada sesi latihan hari Jumat yang disebabkan oleh malfungsi kontrol traksi.

Dikutip crash,net, pada musim ini, aturan tekanan ban telah direvisi. Pembalap harus menjaga tekanan minimal ban depan di atas 1,8 bar (sebelumnya 1,88 bar) untuk 60% (sebelumnya 50%) dari total jarak balapan Grand Prix atau 30% dari balapan Sprint. Hukuman bagi pembalap yang gagal memenuhi batas minimal tersebut adalah penalti waktu 16 detik untuk Grand Prix atau 8 detik untuk balapan Sprint.

Seri MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi akan dimulai pada hari Jumat mendatang.

Komentar