nusabali

Janjikan Ngaben Gratis hingga Tambahan Anggaran Rp 500 Miliar

Pasangan Koster-Giri Kampanye Maraton di Buleleng

  • www.nusabali.com-janjikan-ngaben-gratis-hingga-tambahan-anggaran-rp-500-miliar

SINGARAJA,  NusaBali - Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) berkampanye maraton di tiga titik wilayah Buleleng, Minggu (29/9).

Paslon Koster-Giri juga didampingi Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Buleleng dr I Nyoman Sutjidra-Gede Supriatna yang diusung PDI Perjuangan dan partai koalisi. 

Rombongan pertama menyapa masyarakat Kecamatan Busungbiu di Wantilan Desa Dapdap Putih, lalu lanjut ke lokasi kedua di gedung serbaguna Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt dan terakhir di GOR Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak. 

Kampanye berlangsung meriah. Masyarakat, simpatisan, pendukung dan relawan sudah menunggu sebelum jam kunjungan tiba. Sejumlah hiburan pun disuguhkan untuk mengisi kekosongan waktu sebelum Paslon tiba di tempat acara. Selama berkampanye Paslon memekikkan sejumlah yel-yel dan permohonan dukungan kepada masyarakat untuk bisa memilih mereka dalam Pilgub Bali dan Pilkada Buleleng 2024. 

Dalam sambutannya di Gedung Serbaguna Banjarasem, Paslon Koster-Giri maupun Paslon Sutjidra-Supriatna menyampaikan sejumlah visi misi yang akan dilaksanakan jika menang dan terpilih nanti sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Bali dan juga Bupati-Wakil Bupati Buleleng. Koster dengan jelas dan gamblang meminta dukungan masyarakat Buleleng untuk melanjutkan pembangunan Bali yang belum terselesaikan di periode pertama. 

Di periode kedua Koster menyebut masih dengan visi andalan Sad Kerthi Loka Bali. Membangun Bali dengan melestarikan adat istiadat, budaya dan infrastruktur yang merata di seluruh Bali. “Terutama di Buleleng, selain menuntaskan shortcut sampai titik 11-12, Turyapada Tower juga meningkatkan kapasitas Pelabuhan Celukan Bawang, membangun Pelabuhan Sangsit sebagai pelabuhan barang, penumpang dan pariwisata,” terang Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini. 

Selain itu politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini juga merencanakan pengelolaan industri pertanian Buleleng yang sangat terkenal dengan beragam produk buah-buahan, perkebunan hingga produk garam tradisional. 

“Semuanya akan dibangun untuk perekonomian Buleleng. Astungkara berjalan baik. Sutjidra-Supriatna juga menang dan akan meneruskan program kami di Provinsi. Apalagi ada pak Giri yang terkenal bares,” ungkap Koster.

Di tempat yang sama Giri Prasta pun memberikan sambutan kepada pendukungnya. Dia pun meminta dukungan penuh untuk memenangkan Pasangan Koster-Giri untuk Gubernur-Wakil Gubernur, serta Pasangan Sutjidra-Supriatna untuk Paslon Bupati-Wakil Bupati Buleleng yang diusung PDIP dan Partai Koalisi. Giri menjelaskan alasannya bares (murah hati) membagi-bagi hibah dari APBD Badung ke kabupaten lain di Bali. Hal itu tidak lain melihat situasi masyarakat Bali terutama umat Hindu Bali yang terbebani dengan banyaknya biaya upacara keagamaan (yadnya). 

Mulai dari piodalan, hari raya, pernikahan, tiga bulanan. Biaya upacara yang cukup tinggi itu akan semakin memberatkan jika krama Bali dibebani lagi iuran untuk membangun pura, balai banjar, wantilan, termasuk membeli seperangkat gamelan penunjang upacara. “Ada banyak uang yang habis untuk meyadnya. Itu yang membuat Giri bares membantu pembangunan wantilan, pura, gong. Ngaben juga nanti gratis, krama hanya perlu ngayah kemanten. Kesehatan juga nanti gratis. Kalau terpilih nanti ada dana minimal Rp 500 miliar untuk Buleleng,” ucap Giri Prasta. 7 k23

Komentar