nusabali

MotoGP Indonesia di Mandalika Berlanjut

Presiden Jokowi Serahkan Trofi Juara ke Jorge Martin

  • www.nusabali.com-motogp-indonesia-di-mandalika-berlanjut

MATARAM, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan tetap berlanjut.

"MotoGP tahun depan tetap berlanjut," kata Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan final race ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (29/9). Presiden hadir didampingi Menteri BUMN Erick Tohir, Menpora Dito Aritedjo Setiadi dan beberapa pejabat negara lainnya. "MotoGP tahun ini berjalan dengan sukses," katanya.

Ia mengatakan persiapan ajang MotoGP Indonesia ini cukup baik, karena telah banyak dilakukan perbaikan dan berbagai fasilitas sudah dilengkapi. "Event ini sebagian besar adanya keterlibatan masyarakat lokal seperti Marshal yang merupakan warga NTB dan lainnya," katanya.

Pihaknya mengaku bahwa dari dorna sport sangat mengapresiasi keberlangsungan MotoGP Indonesia, karena sangat berbeda dengan ajang MotoGP di negara lain. Terlebih sebelum balapan, berbagai atraksi budaya lokal disuguhkan untuk para pembalap dan penonton yang hadir langsung di Mandalika. "Dorna senang karena Indonesia selalu tampil beda, ada tariannya. Yang jelas ada banyak perbaikan dan yang kurang akan kami koreksi," katanya.

Presiden RI Jokowi (kedua kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Tohir (kiri), Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (keempat kiri) dan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta (ketiga kiri). –ANTARA 

Presiden Jokowi juga menyerahkan trofi juara Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan penyerahan trofi dilakukan Presiden Jokowi di Podium Ceremony.

Trofi dari Presiden diserahkan kepada pembalap yang berhasil meraih posisi teratas di kejuaraan tersebut, yaitu Jorge Martin. Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan trofi kepada Pedro Acosta yang meraih posisi kedua. Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyerahkan trofi kepada Francesco Bagnaia yang meraih posisi ketiga.

Dari penggalan video tayangan langsung MotoGP di YouTube MotoGP yang diikuti dalam jaringan (daring), Presiden Jokowi menyaksikan langsung perjalanan lomba sejak sesi pemanasan dari Royal Box. Presiden juga menyaksikan jalannya balapan utama Pertamina Grand Prix of Indonesia, yang berlangsung sepanjang 27 lap di Sirkuit Mandalika.

Perlombaan kelas dunia ini dibuka dengan persembahan tari kolosal dari berbagai daerah di Tanah Air serta lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Novia Bachmid. Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama, di mana Presiden Jokowi, para pemenang, serta para tamu undangan berfoto di atas podium, mengabadikan momen kemenangan dalam ajang internasional yang bersejarah bagi Indonesia.

Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika tahun ini menyuguhkan tontonan spektakuler bagi penggemar balap motor di seluruh dunia, sekaligus menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu destinasi balap motor terbaik dunia. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, CEO Dorna Carmelo Ezpelata, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut ITDC Ari Respati, dan Dirut In Journey Donny Oskaria. 

Sementara itu Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin semakin kokoh menduduki puncak klasemen kejuaraan MotoGP musim ini setelah kemenangan solidnya pada Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu kemarin.

Ini merupakan kemenangan balapan Grand Prix pertama Martin sejak sembilan balapan terakhir, yakni Grand Prix Prancis di Sirkuit Le Mans pada Mei. Adapun Martin, dalam 15 putaran MotoGP 2024, telah mengoleksi 366 poin, dan pesaing terkuatnya musim ini, yakni Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) berada di posisi kedua dengan margin 21 poin saja.

Perebutan posisi ketiga klasemen sementara diwarnai oleh persaingan antara Enea Bastianini (Ducati Lenovo) dan Marc Marquez (Gresini Racing), yang masing-masing memiliki 291 poin dan 288 poin. Kedua pembalap ini tidak berhasil finis di Mandalika. Catatan menarik, hasil ini juga menandai Marquez yang belum pernah sekali pun berhasil menyelesaikan balapan utama Grand Prix Indonesia sejak 2022.

Pembalap muda Pedro Acosta (GASGAS Tech3) berada di posisi kelima klasemen dengan 181 poin. Tambahan angka setelah finis P2 di Mandalika sangat berarti bagi Acosta dan membuatnya semakin dekat untuk menyabet gelar Rookie of the Year.

Melengkapi posisi 10 besar klasemen adalah Brad Binder (Red Bull KTM), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), dan Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46). Sementara itu, putaran ke-16 MotoGP musim 2024 akan berlanjut di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 4-6 Oktober. 7 ant

Komentar