nusabali

Disperpa Vaksinasi Massal Ratusan HPR, Serangkaian World Rabies Day

  • www.nusabali.com-disperpa-vaksinasi-massal-ratusan-hpr-serangkaian-world-rabies-day

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kabupaten Badung menggelar vaksinasi massal terhadap ratusan Hewan Pembawa Rabies (HPR) bertempat di Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Minggu (29/9).

Kegiatan ini serangkaian memperingati World Rabies Day yang jatuh pada 28 September.

Kadisperpa Badung, Wayan Wijana mengatakan, dalam vaksinasi rabies massal ini telah berhasil memvaksin sebanyak 303 HPR. Jumlah ini pun berhasil memberikan penambahan cakupan vaksinasi rabies di Gumi Keris. “Tadi (Minggu) pagi, kami adakan vaksinasi massal rabies menyasar anjing dan kucing di Desa Kuwum,” ujarnya.

Diungkapkan, selain vaksinasi, pihaknya juga melakukan sosialisasi rabies kepada siswa SD. “Sebelum vaksinasi massal, kami melaksanakan sosialisasi rabies kepada siswa SD. Sosialisasi kami gelar di seluruh SD di Sempidi,” ungkap Wijana.

Mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini melanjutkan, saat ini kesadaran masyarakat terhadap pencegahan rabies di Kabupaten Badung semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dari cakupan vaksinasi saat ini sudah mencapai 75 persen hingga akhir September 2024. “Tahun lalu vaksinasi mencapai 95 persen. Untuk jumlah HPR saat ini mencapai 89 ribu ekor,” terangnya.

Sebelumnya, Wijana menjelaskan, untuk memaksimalkan vaksinasi rabies sebanyak 14 tim diterjunkan ke seluruh desa/kelurahan di Badung. Bahkan dilakukan pengadaan vaksin ini pun disebutkan sekitar 65 ribu dosis. “Untuk 62 desa dan kelurahan ada 14 tim dengan 70 orang dokter,” ucapnya.7 ind

Komentar